PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL (Survei pada PT Bio Farma (Persero) Bandung)

REGITA NURMAULIDIYA

Informasi Dasar

19.04.3370
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengendalian internal sangatlah penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, tanpa pengendalian internal yang memadai perusahaan akan mengalami kesulitan mencapai operasi normal. Penerapan sistem informasi akuntansi dan peran audit internal dapat membantu pimpinan dalam mengawasi perusahaan agar pengendalian internal dalam perusahaan berjalan secara efektif sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi, audit internal dan efektivitas pengendalian internal survei pada PT Bio Farma (Persero) Bandung. Penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh secara simultan dan parsial penerapan sistem informasi akuntansi dan audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal survei pada PT Bio Farma (Persero) Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian statistik deskriptif dan model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 23. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal pada divisi Pengawasan dan Pengendalian Intern dan Quality Assurance. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi dan audit internal berpengaruh secara simultan terhadap efektivitas pengendalian internal. Kemudian sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal, dan audit internal berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara sistem informasi akuntansi dan audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dengan dilakukannya kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut maka pengendalian internal perusahaan akan semakin efektif. Kata Kunci: sistem informasi akuntansi, audit internal, efektivitas pengendalian internal

Subjek

AUDIT INTERNAL
 

Katalog

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL (Survei pada PT Bio Farma (Persero) Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGITA NURMAULIDIYA
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SA723064 - AUDIT SISTEM INFORMASI
  • ACH3P3 - INTERNAL AUDIT
  • SA423033 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI 1
  • SA833046 - SKRIPSI
  • EAI3173 - INTERNAL AUDIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini