Pengaruh Biaya Produksi, Debt to Equity dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

ELKE SONIA RAMADITA

Informasi Dasar

19.04.3372
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dilihat dari ukuran persentase sejauh mana kemampuan manajemen mengelola sumber daya yang dimiliki dalam memperoleh laba pada periode waktu tertentu. Semakin tinggi profitabilitas perusahaan menunjukkan semakin besar keuntungan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan diantaranya biaya produksi, debt to equity ratio dan perputaran persediaan pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahan. Metode analisis penelitian adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9.0.
Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa biaya produksi dan DER berpengaruh negatif signifikan dan perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa secara simultan biaya produksi, DER dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sebesar 59,46% dan sisanya 40,54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila sektor industri dasar dan kimia ingin meningkatkan laba, maka perusahaan perlu melakukan efisiensi terhadap biaya produksi dan memperhatikan komposisi utang. Agar laba yang dihasilkan perusahaan meningkat.

Kata Kunci: Biaya Produksi, Debt to equity ratio, perputaran persediaan, profitabilitas.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Biaya Produksi, Debt to Equity dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELKE SONIA RAMADITA
Perorangan
LENY SUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini