PENGARUH LIKUIDITAS, REPUTASI AUDITOR DAN DISCLOSURE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

ANINDYA SEKAR AYU MIRANINGTYAS

Informasi Dasar

19.04.3374
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Opini audit going concern merupakan opini yang diberikan apabila terdapat kesangsian yang besar mengenai kelangsungan usaha dimasa yang akan datang. Opini audit going concern dapat digunakan sebagai peringatan awal bagi para pengguna laporan keuangan guna menghindari kesalahan dalam pembuatan keputusan. Penerbitan opini audit going concern akan berdampak pada hilangnya kepercayaan publik terhadap citra perusahaan sehingga akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha dimasa yang akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel likuiditas, reputasi auditor dan disclosure terhadap pemberian opini audit going concern pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang didapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia. 
Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan dalam periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 40 data sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, reputasi auditor dan disclosure berpengaruh secara simultan terhadap pemberian opini audit going concern. Kemudian likuiditas berpengaruh negatif terhadap pemberian opini audit going concern, reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern dan disclosure berpengaruh positif terhadap pemberian opini going concern. Peneliti selanjutnya dapat melakukan perluasan objek dan periode penelitian atau menambahkan variabel baru yang masih jarang diteliti. Bagi investor sebaiknya mempertimbangkan likuiditas dan laporan keuangan perusahaan ketika ingin berinvestasi, Bagi auditor sebaiknya dalam memberikan opini audit yang mengacu pada kelangsungan usaha dimasa yang akan datang harus memperhatikan likuiditas dan disclosure level. Bagi perusahaan sebaiknya memperhatikan likuiditas dan pengungkapan laporan tahunan sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dimasa yang akan datang.

Kata Kunci: Likuiditas, Reputasi Auditor, Disclosure dan Opini Audit Going Concern

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, REPUTASI AUDITOR DAN DISCLOSURE TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANINDYA SEKAR AYU MIRANINGTYAS
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SA515013 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini