PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FRAUD TRIANGLE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2017)

DHEA VIOLIN RAHMA WHELY RAHAYU

Informasi Dasar

19.04.3377
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan disusun untuk memberitahukan informasi akuntansi perusahaan dan alat komunikasi kegiatan ekonomi perusahaan dengan pihak eksternal perusahaan. Kecurangan laporan keuangan menurut Association Of Certified Fraud Examiner (ACFE) pada tahun 2016 merupakan penyebab kerugian terbesar di dunia. Hal ini menyebabkan pelaku bisnis dalam menyampaikan informasi keuangan perusahaan mengandung salah saji material sehingga berdampak pada pengambilan keputusan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor fraud triangle terhadap financial statement fraud. Pengaruh pressure secara simultan dan parsial terhadap financial statement fraud diproksikan dengan pertumbuhan aset (ACHANGE). Pengaruh opportunity secara simultan maupun parsial terhadap financial statement fraud diproksikan dengan perubahan direksi (DIRCHG). Sedangkan, untuk pengaruh rationalization secara simultan maupun parsial terhadap financial statement fraud diproksikan dengan pergantian auditor (AUDCHANGE). Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI tahun 2016-2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 perusahaan selama tahun 2016-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan Eviews9. Berdasarkan hasil pengujian, fraud triangle secara simultan berpengaruh signifikan terhadap financial statement fraud. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa variabel tekanan berpengaruh positif signifikan terhadap financial statement fraud. Variabel kesempatan berpengaruh negatif signifikan terhadap financial statement fraud. Sedangkan variabel rasionalisasi tidak memiliki pengaruh terhadap financial statement fraud. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mencoba proksi lain atas faktor-faktor kecurangan tersebut dan memperluas sampel penelitian. Bagi perusahaan diharapkan agar responsif dan mematuhi aturan yang berlaku sehingga tidak dilakukannya kecurangan laporan keuangan. Bagi para pemegang saham diharapkan agar selektif dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan tempat berinvestasi.

Kata Kunci: Fraud Triangle; Financial Statement Fraud

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FRAUD TRIANGLE TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHEA VIOLIN RAHMA WHELY RAHAYU
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3C3 - AUDITING I

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini