PENGARUH FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN, DAN KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN TERHADAP FEE AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

SHEHA SILVIA ANANDA

Informasi Dasar

19.04.3404
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teori keagenan merupakan perbedaan kepentingan antara principal dan agent akhirnya memicu timbulnya agency cost, contoh dari biaya monitoring adalah fee audit. Fee audit merupakan imbalan yang diterima oleh auditor eksternal apabila telah memberikan pelayanan terhadap jasa audit yang dilakukan kepada suatu perusahaan. Peraturan tentang penentuan besaran fee audit sangat penting untuk dipatuhi untuk menghindari keraguan mengenai kemampuan dan kompetensi auditor dalam menerapkan standar teknis dan standar profesional yang berlaku. Penelitian ini menggunakan variabel independen fungsi audit internal, risiko perusahaan, dan kompleksitas perusahaan. Sedangkan variabel dependennya adalah fee audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fungsi audit internal, risiko perusahaan, dan kompleksitas perusahaan terhadap fee audit pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan selama tiga tahun sehingga didapatkan 75 sampel yang diobservasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews versi 10. Berdasarkan hasil penelitian fungsi audit internal, risiko perusahaan, dan kompleksitas perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap fee audit. Secara parsial kompleksitas perusahaan berpengaruh positif terhadap fee audit. Sedangkan fungsi audit internal dan risiko perusahaan tidak berpengaruh terhadap fee audit. Peneliti selanjutnya disarankan diharapkan dapat memperluas objek penelitian dan mengembangkan pengaruh variabel lain diluar penelitian ini. Bagi perusahaan diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan fee audit. Batasan dalam penelitian ini adalah masih sedikitnya perusahaan yang mengungkapkan informasi fee audit dalam laporan tahunannya.

Kata Kunci: Fungsi Audit Internal, Risiko Perusahaan, Kompleksitas Perusahaan, Fee Audit.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH FUNGSI AUDIT INTERNAL, RISIKO PERUSAHAAN, DAN KOMPLEKSITAS PERUSAHAAN TERHADAP FEE AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHEHA SILVIA ANANDA
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SA515013 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2
  • ACH3P3 - INTERNAL AUDIT
  • ACH4F4 - SEMINAR AUDITING
  • EAI3173 - INTERNAL AUDIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini