PERANCANGAN SISTEM MONITORING KINERJA RANTAI PASOK HALAL PADA PROCUREMENT DAN DISTRIBUSI MAKANAN : INTEGRASI METRIK HALAL MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) DAN SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR)

RANGGA FAUZIAN RAMADHAN

Informasi Dasar

19.04.3408
658.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Brownies merupakan salah satu produk dari industri makanan yang memiliki tekstur yang lembut dan padat, dengan kue yang memiliki warna coklat kehitaman dan memiliki rasa khas coklat. Vannisa Brownies merupakan perusahaan pada bidang industri makanan dan termasuk kedalam perusahaan skala Usaha Kecil Menengah dengan menghasilkan produk makanan yaitu brownies. Proses pengadaan bahan baku dan distribusi produk brownies merupakan suatu proses yang krusial. Meskipun proses tersebut penting, pada proses pengadaan dan distribusi belum terdapat pengukuran kinerja dan juga pengukuran halal pada bagiannya. Proses ini perlu dilakukan untuk meyakinkan bahwa proses dilakukan dengan baik sesuai dengan aturan dan juga sebagai pendukung dalam peningkatan perusahaan. Pada penelitian ini akan berfokus pada sistem halal procurement dan distribusi. Sistem Pengukuran Kinerja Rantai Pasok dirancang berdasarkan model Supply Chain Operation Reference (SCOR), LPPOM MUI Jawa Barat dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Metrik yang didapatkan merupakan hasil dari pembobotan menggunakan model SCOR yang selanjutnya dilakukan pembobotan menggunakan metode AHP dan mendapatkan nilai kepentingan dari setiap metriknya. Normalisasi selanjutnya dilakukan guna untuk menyamakan satuan dari setiap metrik sehingga dapat dihitung keseluruhan kinerja pada bagian procurement dan juga distribusi. Sistem pengukuran yang dirancang selanjutnya dibuat suatu user interface yang nantinya menjadi gambaran bagi perusahaan sistem monitoring untuk menjaga kinerja halal pada bagiannya. Hasil dari model SCOR ini adalah Key Performance Indicator (KPI). Sistem ini dirancang dalam bentuk aplikasi web-based. Pada penelitian ini terdapat 21 metrik dan 5 metrik halal bagian procurement, 9 metrik dan 3 metrik halal bagian distribusi pada perusahaan yang terbagi kedalam 4 atribut kinerja sistem pengukuran kinerja rantai pasok. Kinerja yang terpenting merupakan atribut Responsiveness dengan bobot dari AHP yang didapatkan 0,484. Pada sistem ini juga dapat memperlihatkan kondisi serta proses yang dilakukan di perusahaan

Kata Kunci : Halal Supply Chain, Performance Measurement System, SCOR, AHP, Monitoring System

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM MONITORING KINERJA RANTAI PASOK HALAL PADA PROCUREMENT DAN DISTRIBUSI MAKANAN : INTEGRASI METRIK HALAL MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) DAN SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANGGA FAUZIAN RAMADHAN
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Budi Santosa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SEH3A3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • IE4424 - TUGAS AKHIR
  • IEI3I2 - MANAJEMEN RANTAI PASOK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini