SIMPLE RATELESS CHANNEL CODING BERBASIS QC-LDPC CODES 5G NEW RADIO UNTUK INTERNET OF THINGS

ARINI FITRI

Informasi Dasar

19.04.3608
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telekomunikasi generasi kelima 5G New Radio (5G-NR) menggunakan quasi-cyclic Low Density Parity Check (QC-LDPC) codes sebagai channel coding untuk transmisi data karena memiliki kemampuan error correction yang baik serta bisa adaptif terhadap kanal karena menggunakan konsep seperti Raptor codes. Keunggulan QC-LDPC pada 5G-NR menginspirasi Tugas Akhir ini untuk mengusulkan QC-LDPC yang lebih sederhana, disebut simple rateless QC-LDPC (SR-QC- LDPC) codes, untuk sistem komunikasi Internet-of-Things (IoT). SR-QCLDPC codes diusulkan untuk IoT, karena IoT di masa depan perlu memiliki kinerja yang dapat beradaptasi dengan perubahan kanal sehingga memerlukan teknik pengkodean yang bersifat rateless seperti yang dimiliki oleh 5G-NR QC-LDPC codes. QC-LDPC codes juga cocok untuk IoT karena sederhana dalam proses decoding yang memiliki sifat cyclic.

Dalam Tugas Akhir ini, SR-QC-LDPC codes dievaluasi menggunakan Extrinsic Information Transfer (EXIT) chart untuk mengetahui kinerja dan karakteristik pengkodeannya sehingga bisa didesain optimal untuk sistem komunikasi IoT. Tugas Akhir ini mengevaluasi kinerja bit-error-rate (BER) berdasarkan soft decoding menggunakan Log-Likelihood Ratio (LLR) pada kanal Additive White Gaussian Noise (AWGN) dan frequency-flat Rayleigh fading. Kinerja sistem dievaluasi dengan simulasi komputer dan divalidasi dengan teori yang berkaitan.

Luaran dari Tugas Akhir ini adalah (i) desain simple rateless QC-LDPC codes yang berukuran kecil sehingga sesuai dengan kebutuhan daya IoT, (ii) degree distributions optimal untuk simple rateless QC-LDPC codes sehingga menghasilkan kinerja yang tinggi, (iii) analisis dengan EXIT chart yang menunjukkan secara visual karakteristik SR-QC-LDPC codes yang diusulkan, dan (iv) kinerja BER yang bagus untuk sistem IoT dengan gap 3;5-4 dB terhadap Shannon limit pada kanal AWGN. Hasil dari Tugas Akhir ini dapat memberikan kontribusi signifikan untuk pengembangan sistem komunikasi IoT dengan memanfaatkan sifat rateless sehingga bisa adaptif terhadap perubahan kapasitas kanal.

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

SIMPLE RATELESS CHANNEL CODING BERBASIS QC-LDPC CODES 5G NEW RADIO UNTUK INTERNET OF THINGS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINI FITRI
Perorangan
Khoirul Anwar, Desty Madya Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4N3 - KODING DAN KOMPRESI
  • MUG2D3 - PROBABILITAS DAN STATISTIK
  • TTH3A4 - SISTEM KOMUNIKASI
  • TTH4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL
  • TTI4J3 - KODING DAN KOMPRESI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini