ANALISIS PERILAKU PENONTON IKLAN YOUTUBE DI INDONESIA

FRANDIKA HERBAWAN

Informasi Dasar

19.05.091
659.144
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dalam menggunakan media pemasaran perusahaan perlu dengan baik memilih media mana yang sesuai dengan target pasar produk yang ditawarkan. Youtube merupakan salah satu media komunikasi berbentuk video yang saat ini menjadi media paling efektif untuk mengkomunikasi sebuah brand. Aplikasi Youtube jadi aplikasi media paling populer di Indonesia. Sebab, lebih dari sepertiga pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan Youtube. Dalam sehari, orang Indonesia rata-rata menggunakan Youtube 42,4 menit. Iklan sebuah produk atau perusahaan membuat daya tarik dan prespektif tersendiri bagi setiap konsumen. Oleh karena itu setiap perusahan harus dengan tepat mengkomunikasikan dan mengiklankan sebuah produk atau brand kepada konsumen dengan cara yang yang tepat, agar tujuan perusahaan dalam mengkomunikasikan produk serta brand dengan tepat sasaran dan tepat guna maka setiap perusahaan harus mengetahui konten iklan seperti apa yang diminati oleh konsumen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari faktor-faktor hiburan, kekayaan informasi, gangguan, kredibilitas, kebaruan, personalisasi, dan manfaat sosial yang dirasakan pada sebuah iklan faktor mana yang paling besar mempengaruhi perilaku penonton iklan video online melalui media Youtube.
Kerangka acuan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari penelitian yang berjudul Consumer Attitudes Toward Online Video Advertisement: Youtube as a Platform kerangka utama tersebut lalu di modifikasi dengan melakukan riset sebelumnya dan menambahkan variabel yang dirasa perlu untuk di teliti yaitu variabel kebaruan, personalisasi. dan manfaat sosial yang dirasakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 288 responden yaitu
masyarakat Indonesia yang pernah menonton iklan video online melalui media Youtube (skippable video ads) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total pertanyaan yang di ajukan adalah 55 pertanyaan yang diantaranya dua pertanyaan screening, tujuh pertanyaan profil reponden, dan 46 pertanyaan yang
mewakili masing – masing pengukuran variabel dalam penelitian ini. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan teknik analisis data SEM-PLS, dan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.2.8. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa seluruh hubungan variabel yaitu hiburan, kekayaan informasi, gangguan, kebaruan, personalisasi, dan manfaat sosial yang dirasakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap, sikap memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat, dan niat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku. Variabel kredibilitas tidak memiliki pengaruh, sedangkan variabel aliran memiliki satu hubungan yang berpengaruh yang positif signifikan sedangkan hubungan dengan variabel sikap tidak memiliki pengaruh.
Dalam hal ini perusahan perlu dengan baik menyusun iklan yang akan disampaikan kepada calon konsumen agar pesan yang ingin disampaikan dapat sesuai tujuan dan meningkatkan citra merek. Startegi penyapian iklan pun perlu dipersiapkan dengan matan dan mendalam. Pada penelitian ini ditunjukan bahwa kebaruan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap sikap penonton kepada sebuah iklan diikuti oleh personalisasi, lalu manfaat sosial yang dirasakan.

Subjek

ADVERTISING IN DIGITAL MEDIA
 

Katalog

ANALISIS PERILAKU PENONTON IKLAN YOUTUBE DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRANDIKA HERBAWAN
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini