Pengaruh Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat)

TEUKU VERBI ALFARABI

Informasi Dasar

19.04.3690
658.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kunci keberhasilan organisasi tergantung pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan, yang dimana sumber daya manusia menjadi bagian penting dalam mewujudkan tujuan maupun visi dan misi perusahaan. Salah satunya adalah organizational citizenship behavior dan kinerja karyawan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah organizational citizenship behavior yang merupakan suatu perilaku individu yang positif membantu kinerja individu lain dan memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan yang dimana perilaku tersebut bukan menjadi pekerjaan seharusnya. Adapun dimensi OCB adalah altruism, conscientiousness, sportsmanship, courtesy, dan civic virtue. Sedangkan dimensi yang meningkatkan kinerja karyawan yaitu Target, Kualitas, Waktu, dan Taat Asas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja karyawan pada PT. Telkom Aksess Regional Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kausal. Kemudian jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probalitiy-sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 72 responden karyawan tetap PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat. Lalu, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa organizational citizenship behavior PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat berada dalam garis kontinum kategori baik sebesar 76,2%. Sedangkan Kinerja karyawan PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat berada dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 83,2%. Kemudian Organizational Citizenship Behavior berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat dengan nilai 23,4% yang berarti memilki pengaruh yang cukup kuat terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat. Oleh karena itu, dimensi sportsmanship merupakan dimensi paling berpengaruh dalam kinerja karyawan PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat. Kata Kunci: Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja

Subjek

ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
 

Katalog

Pengaruh Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Telkom Akses Regional Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TEUKU VERBI ALFARABI
Perorangan
RATRI WAHYUNINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini