Analisis Adopsi Teknologi Terhadap Pengguna Alodokter di Indonesia Dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT 2

NANDA DURO WINDANIA

Informasi Dasar

19.04.3694
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingkat penetrasi internet di dunia kian meningkat. tingkat penetrasi internet dunia telah mencapai 52,96%. Penetrasi pengguna Internet di dindonesia pada tahun 2017 adalah sebesar 54,68%. Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang mulai menunjukkan pertumbuhan layanan kesehatan digital. Besarnya jumlah populasi juga menjadikan Indonesia negara yang potensial untuk layanan HealthTech. Oleh sebab itu banyak pebisnis lokal yang memanfaatkan peluang tersebut untuk ikut meluncurkan layanan HealthTech. Alodokter merupakan startup Indonesia yang berbasis Layanan HealthTech no 1 di Indonesia bahkan di dunia. Dengan demikian Alodokter harus mampu mengetahui faktor-faktor apa saja yang harus dikembangkan guna mempertahankan kinerja unggul perusahaan dan menambah pengguna dimasa yang akan datang Penelitian ini mengukur penilaian dan minat pengguna Alodokter dengan menggunakan metode penelitian UTAUT2 yang telah di modifikasi dimana peneliti menganalisis variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, Habit,Content dan Trust Information terhadap Continuance Intention. Data pada penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online hingga berhasil mengumpulkan responden valid pengguna Alodokter di Indonesia sebanyak 406 dengan usia 15-60 tahun serta berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Seluruh data yang dikumpulkan telah memenuhi kriteria validitas dan realibilitas. Untuk menguji validitas dan realibilitas, peneliti menggunakan software SPSS versi 21. Selain itu, untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat 4 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Continuance Intention yaitu Trus Information, Habit, Content, dan Performance expectancy, serta didapati hasil bahwa variabel moderasi Age mempengaruhi variable Habit terhadap Continueance Intention dan variabel Performance Expectancy terhadap Continuance Intention. Sedangkan variabel moderator Gender tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel yang terdapat pada model UTAUT2 Dengan didapatkannya 4 variabel yang paling berpengaruh terhadap Cointinuance Intention, maka diharapkan Alodokter dapat mengembangkan faktor-faktor tersebut guna mempertahankan kinerja unggul perusahaan dan menambah lebih banyak pengguna dimasa yang akan datang.

Kata Kunci : Alodokter, E-Health, HealthTech, UTAUT

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis Adopsi Teknologi Terhadap Pengguna Alodokter di Indonesia Dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT 2
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA DURO WINDANIA
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini