PERANCANGAN SISTEM PEREKAM DATA PADA PENGEREMAN KERETA PENUMPANG BERBASIS MIKROKONTROLER (Studi Kasus PT Kereta Api Indonesia)

ARIEF ADITYA PRAMANA

Informasi Dasar

19.06.446
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dan transportasi yang kini meningkat dengan sangat pesat serta menuntut dari segala aspek yang terjadi dengan baik dan lebih efektif. Pada penerapannya, kereta api masih sering mengalami permasalahan yaitu salah satu faktor terpenting dalam transportasi kereta adalah pada pengereman, masih rentan terjadinya penyaluran tekanan udara yang tidak memadai dari auxiliary reservoir pada brake cylinder, karena kurangnya komunikasi masinis pada ruang kontrol yang dapat mengakibatkan anjloknya sistem pengereman dan berdampak pada kecelakaan kereta.

Oleh karena itu, untuk itu dalam menanggulangi atau meminimalkan dampak dari hal tersebut dibuatlah penelitian tentang sistem perancangan perekam data pada pengereman kereta penumpang berbasis mikrokontroler. sehingga untuk ke depannya agar dapat mengatasi hal yang tidak diinginkan tersebut.

Keluaran yang didapatkan nantinya dapat me monitoring tekanan yang ada pada auxiliary reservoir yang dimana data tekanan tersebut dapat ditampilkan pada LCD dan data tersebut dapat direkam dan disimpan pada modul sd card dan dapat menampilkan output an tekanan udara tersebut dalam format CSV pada MS Excel.

Kata kunci: Auxiliary Reservoir, Brake Cylinder, Module SD Card.

ABSTRACT

The development of technology and transportation is now increasing very rapidly and demands from all aspects that occur well and more effectively. In its application, the train still experiences problems, namely one of the most important factors in train transportation is braking, it is still vulnerable to inadequate distribution of air pressure from the auxiliary reservoir on the brake cylinder, due to a lack of machinist communication in the control room which can result in a braking system drop and have an impact on train accidents.

Therefore, in order to overcome or minimize the impact of this, a research on the system of data recorder design on braking of passenger trains based on micro controller was made. So that in the future in order to overcome these unwanted things.

The output obtained can later be monitoring the pressure in the auxiliary reservoir where the pressure data can be displayed on the LCD and the data can be recorded and stored on the SD card module and can display the output of the air pressure in CSV format in MS Excel.

Keywords: Auxiliary reservoir, Brake Cylinder, SD card module.

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PEREKAM DATA PADA PENGEREMAN KERETA PENUMPANG BERBASIS MIKROKONTROLER (Studi Kasus PT Kereta Api Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF ADITYA PRAMANA
Perorangan
Tri Nopiyani Damayanti, Ari Machmmuddi Kanosri
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini