PENGENDALI DAN PEMANTAU PANEL SURYA MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS IoT

JIHAD ENTHUSIAS HAMID

Informasi Dasar

19.06.447
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan zaman di era modern ini, membutuhkan energi listrik tambahan sebagai pengganti listrik yang sudah ada. Solar cell merupakan salah satu pengembang energi listrik, dimana solar cell ini menyerap energi cahaya dari matahari dan kemudian diubah menjadi energi listrik, sehingga bisa menghasilkan energi listrik tambahan pada kehidupan sehari-hari. Sulitnya mengetahui seberapa banyak energi yang di dapat dan mengikuti arah sinar matahari membuat solar cell dalam menyerap energi cahaya tidak maksimal.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka akan dirancang aplikasi untuk mengontrol dan memonitoring solar cell yaitu menggunakan smartphone dengan aplikasi android yang berbasis Internet of Thing (IoT). Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah dalam monitoring dan mengontrol dari jarak jauh dengan modul kompas pada solar cell, sehingga hasil keluaran dari solar cell menampilkan tegangan dan arus serta arah pada aplikasi. Data tampilan pada aplikasi didapat melalui internet yang dikirimkan oleh database yaitu Firebase yang melewati perangkat mikrokontroler menggunakan NodeMCU.

Dalam perancangan aplikasi ini menampilkan data berupa tegangan dan arus serta arah matahari sehingga solar cell mendapatkan tegangan yang maksimal. Percobaan dilakukan dengan dua kontrol yaitu otomatis dan manual. Dalam kontrol otomatis solar cell bergerak mengikuti arah sinar matahari dan pada kontrol manual dapat di arahkan sesuai dengan arah mata angin. Nilai tegangan dan arus maksimal pada pengujian yang di dapat melalui kontrol otomatis pada solar cell yang di susun secara seri yaitu 4WP pada pukul 12.00 arah utara mencapai tegangan 19,49 volt dan arus mencapai 0,25 ampere. Nilai tegangan dan arus maksimal pada pengujian yang di dapat melalui kontrol manual pada solar cell yang dihubungkan secara seri yaitu 4 WP arahh mata angin selatan pukul 11.00 mencapai 19,60 volt dan arus 0,26 ampere.

Subjek

MICROCONTROLLER PROGRAMMING
 

Katalog

PENGENDALI DAN PEMANTAU PANEL SURYA MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS IoT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JIHAD ENTHUSIAS HAMID
Perorangan
Tri Nopiyani Damayanti, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTG2K3 - APLIKASI MIKROKONTROLER
  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB
  • DTG1H3 - TEKNIK DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini