Analisis Perbandingan Seleksi Fitur Correlation based Feature Selection (CFS) dan ReliefF pada Klasifikasi Microarray Data Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM)

MOCHAMAD AGUSTA NAOFAL HAKIM

Informasi Dasar

19.04.3847
004.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kanker merupakan salah satu penyumbang utama penyebab kematian di dunia, World Health Organization (WHO) menjabarkan bahwa kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian dengan angka mencapai 9.6 juta di tahun 2018. Sementara itu telah ditemukan metode data mining untuk mendeteksi gejala kanker melalui proses kalsifikasi terhadap data ekspresi genetik seseorang yang disebut microarray data. Namun, data DNA dari microarray memiliki jumlah dimensi yang besar, dan bisa meberikan dampak buruk pada akurasi yang dihasilkan dari proses klasifikasi microarray. Karena itu, sebuah metode seleksi fitur dibutuhkan sebelum melakukan proses klasifikasi untuk menghilangkan feature yang tidak memiliki informasi penting yang dapat mendukung berjalannya proses klasifikasi. Salah satu metode klasifikasi digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine (SVM), dan metode seleksi fitur yang digunakan adalah ReliefF dan Correlation based Feature Selection (CFS). Skema pengujian yang diterapkan pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan antara metode ReliefF dan Correlation based Feature Selection (CFS) terhadap metode klasifikasi Support Vector Machine (SVM). Akurasi rata – rata yang diperoleh berdasarkan skema ReliefF-SVM dan CFS-SVM berturut-turut adalah 94,87% dan 84%.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Analisis Perbandingan Seleksi Fitur Correlation based Feature Selection (CFS) dan ReliefF pada Klasifikasi Microarray Data Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD AGUSTA NAOFAL HAKIM
Perorangan
Adiwijaya, Widi Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini