VALUASI NILAI WAJAR PERUSAHAAN SUB SEKTOR PULP & PAPER TAHUN 2019 MENGGUNAKAN METODE FREE CASH FLOW TO FIRM DAN RELATIVE VALUATION (PERIDOE TAHUN 2014-2018)

MUHAMMAD IQBAL MIALA

Informasi Dasar

19.05.110
332.632 21
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penerimaan negara di sub sektor pulp & paper atau yang sering kita kenal dengan sub sektor kertas dan bubur kertas ini tergolong tinggi, sehingga tidak heran menanamkan modal di perusahaan yang bergerak di sub sektor pulp & paper masih sangat menjanjikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkirakan berapa nilai intrinsik atau harga yang wajar untuk suatu saham berdasarkan data fundamentalnya sebagai dasar investasi dalam bentuk saham.

Penelitian ini menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF) dengan pendekatan Free Cash Flow to Firm dan metode Relative Valuation dengan pendekatan Price to Book Value (PBV) dan Price to Earning Ratio (PER). Dalam penelitian ini ada tiga skenario, yakni skenario pesimis (kondisi rata-rata industri), skenario moderate (kondisi yang paling mungkin) dan skenario optimis (kondisi diatas pertumbuhan industri) dengan menggunakan data historis dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 sebagai dasar proyeksi tahun 2019-2023.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode DCF-FCFF dengan perbandingan harga market saham tanggal 1 Januari 2019 pada skenario pesimis harga wajar INKP, TKIM dan FASW dalam kondisi ove rvalued_, pada skenario moderate harga wajar INKP, TKIM dan FASW dalam kondisi _over valued, dan pada skenario optimis harga wajar INKP, TKIM dan FASW dalam kondisi _over__valued_. Kemudian hasil penelitian menggunakan Relative Valuation dengan pendekatan _Price to Earning Ratio_ (PER) skenario pesimis INKP mempunyai nilai 16,48 kali, FASW mempunyai nilai 12,72 dan TKIM mempunyai nilai 9,65 kali, sedangkan pada skenario moderate INKP mempunyai nilai 18,82 kali, FASW mempunyai nilai 29,57 kali dan TKIM mempunyai nilai 18,23 kali. Selanjutnya pada skenario optimis INKP mempunyai nilai 20,06 kali, FASW mempunyai nilai 41,77 kali dan TKIM mempunyai niali 20,82 kali. Kemudian menggunakan metode _Relative Valuation_ dengan pendekatan Price Book Value (PBV) pada skenario pesimis INKP mempunyai nilai 2,39 kali, FASW mempunyai nilai 0,75 dan TKIM mempunyai nilai 1,26 kali, sedangkan pada skenario moderate INKP mempunyai nilai 2,73 kali, FASW mempunyai nilai 1,74 kali dan TKIM mempunyai nilai 2,37 kali. Selanjutnya pada skenario optimis INKP mempunyai nilai 2,91 kali, FASW mempunyai nilai 2,46 kali dan TKIM mempunyai nilai 2,71 kali. Ada beda yang signifikan antara harga pasar dan harga wajar saham menggunakan metode FCFF dan _Relative Valuation_ PER. Sedangkan tidak ada beda signifikan antara nilai PBV pasar dan nilai wajar menggunakan metode _Relative Valuation_ PBV.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa saham dalam kondisi layak untuk dijual atau tidak untuk dibeli. Sedangkan dari uji statistik ditemukan bahwa terdapat beda yang signifikan antara harga pasar dan harga wajar saham menggunakan metode FCFF dan Relative Valuation PER, sedangkan dengan metode PBV tidak ada beda yang signifikan.

Kata Kunci : Discounted Cash Flow, Harga Wajar, Relative Valuation, Sub sektor _Pulp & Paper__,_ Valuasi.

Subjek

VALUATION-STOCKS
 

Katalog

VALUASI NILAI WAJAR PERUSAHAAN SUB SEKTOR PULP & PAPER TAHUN 2019 MENGGUNAKAN METODE FREE CASH FLOW TO FIRM DAN RELATIVE VALUATION (PERIDOE TAHUN 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IQBAL MIALA
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini