Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Bandung

ZAHRA QUROTAA`YUN

Informasi Dasar

19.04.3971
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan konsumsi merupakan tindakan yang dilakukan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan manusia. Apabila konsumsi dilakukan secara berlebihan dan bukan menurut kebutuhan saja, maka perilaku itu sudah bukan konsumsi yang wajar melainkan menjadi perilaku konsumtif. Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang paling konsumtif terutama dalam belanja online dan cenderung lebih memproritaskan kebutuhan jangka pendek daripada kebutuhan jangka panjang. Secara teoritis perilaku konsumtif dipengaruhi oleh literasi keuangan yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Bandung. Literasi keuangan terdiri dari empat dimensi yaitu uang dan transaksi, perencanaan dan pengelolaan keuangan, resiko dan keuntungan, dan financial landscape. Sedangkan perilaku konsumtif terdiri dari tiga dimensi yaitu pembelian impulsif, pemborosan, dan mencari kesenangan. Penelitian ini dilakukan pada generasi milenial di Kota Bandung yang pada tahun 2019 berusia 19-38 tahun. Adapun menurut data terakhir yang diperbaharui oleh Badan Pusat Statistik, generasi milenial Kota Bandung pada tahun 2017 berjumlah 1.115.748 jiwa. Sehingga jika dihitung dengan menggunakan rumus Slovin maka dalam penelitian ini sampel yang dibutuhkan minimal sebanyak 400 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapatkan -t hitung yaitu -14,230 < -t tabel yaitu -1,966 dan nilai signifikasi yaitu 0,00 < 0,05, artinya literasi keuangan memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Bandung. Besarnya pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dapat dilihat dari nilai koefesien determinasi yaitu sebesar 33,7%, sedangkan sisanya yaitu 66,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain literasi keuangan yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Bandung. Dengan tingkat literasi keuangan dan perilaku konsumtif yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kata Kunci : literasi keuangan, perilaku konsumtif, generasi milenial.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAHRA QUROTAA`YUN
Perorangan
ASTRIE KRISNAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini