PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2017)

PRIMA FARMASHINTA

Informasi Dasar

19.04.3974
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan haruslah mencerminkan keadaan perusahaan yang sesungguhnya dan tidak mengandung kesalahan. Namun terkadang kinerja manajemen tidak sebaik yang diharapkan sehingga hal tersebut dapat menjadi celah untuk dilakukannya kecurangan terhadap laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraud pentagon terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Laporan tahunan yang digunakan tersebut diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 31 perusahaan dengan periode penelitian selama 3 tahun, sehingga diperoleh 93 data sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan financial stability (ACHANGE), external pressure (LEV), external auditor quality (EXTAUD), change in auditor (AUDCHANGE), change in director (DCHANGE) dan frequent number of CEO’s picture (CEOPIC) berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan (FSCORE). Secara parsial financial stability (ACHANGE) tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kecurangan laporan keuangan. External pressure (LEV) tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kecurangan laporan keuangan.external auditor quality (EXTAUD) tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Change in auditor berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Change in director (DCHANGE) tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Frequent number of CEO’s picture (CEOPIC) tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap kecurangan laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka pergantian auditor perlu dijadikan pertimbangan karena dalam penelitian ini pergantian auditor berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Semakin sering terjadinya pergantian auditor maka semakin tinggi kemungkinan terjadinya kecurangan laporan keuangan

Kata Kunci : Fraud Pentagon, Kecurangan Laporan Keuangan

Subjek

Auditing
 

Katalog

PENGARUH FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRIMA FARMASHINTA
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini