PERENCANAAN ESTIMASI SPARE PART DENGAN FAKTOR LINGKUNGAN PADA MESIN NC KNEE TYPE MILLING DI PT ABC MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED SPARES (RCS)

HANA NABILAH

Informasi Dasar

19.04.3992
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT ABC merupakan perusahaan manufaktur yang juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut serta memproduksi alat berat yang terdiri atas peralatan kapal laut, sarana pembangkit dan transportasi. PT ABC secara spesifik pada Januari 2016 mulai memproduksi alat berat ekskavator yang diberi nama Excava 200 untuk keperluan non militer atau sipil. Salah satu mesin produksi alat berat, Huron yang merupakan mesin NC Universal Knee Type Milling memiliki frekuensi kerusakan paling besar. Hal ini disebabkan karena kerusakan komponen Carbon Brush dan Fuse pada Feed Change Control dan harus dilakukan penggantian segera agar mesin dapat berfungsi sebagaiman seharusnya. Oleh karena itu penelitian menggunakan Reliability Centered Spares (RCS) untuk memperhitungkan jumlah spare part yang harus disediakan untuk menghindari stock out maupun over stock. Berdasarkan hasil perhitungan RCS menggunakan poisson process dengan memperhitungkan faktor eksternal seperti operator skill (OPS), maintenance crew skill (MCSK), pollution (POL), temperature (TEMP), dan dust (DUST) didapatkan bahwa dalam satu tahun kedepan estimasi jumlah komponen Carbon Brush adalah sebanyak 8 unit dan Limit Switch sebanyak 8 unit. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dan reorder point, diketahui bahwa komponen Carbon Brush harus dipesan sebanyak 6 unit saat stok komponen di invetori menyentuh angka 1 unit, sedangkan Fuse harus dipesan sebanyak 7 unit ketika stok komponen di invetori menyentuh angka 1 unit. Dengan demikian stock out dan over stock dapat dihindari.

Kata Kunci: Spare Part, Poisson Process, Economic Order Quantity, Reorder Point, Reliability Centered Spares

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

PERENCANAAN ESTIMASI SPARE PART DENGAN FAKTOR LINGKUNGAN PADA MESIN NC KNEE TYPE MILLING DI PT ABC MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED SPARES (RCS)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANA NABILAH
Perorangan
Judi Alhilman, Budi Santosa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DB3 - MANAJEMEN ASET
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEI4S3 - MANAJEMEN ASET

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini