PERANCANGAN APLIKASI COST OF UNRELIABILITY (COUR) DAN RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY (RAM) BERBASIS WEB DALAM MENENTUKAN KEBIJAKAN MAINTENANCE (COURAM ANALYZER)

MUHAMMAD FADHIL HABIBIE

Informasi Dasar

19.04.3995
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Maintenance merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk mempertahankan atau memperbaiki fungsi suatu equipment agar dapat bekerja secara optimal. Salah satu faktor yang menunjang kegiatan maintenance adalah keandalan mesin. Keandalan mesin yang lebih tinggi mengurangi biaya proses. Sebaliknya, kegagalan mesin karena gangguan menurunkan output produksi yang mampu mengurangi manfaat bisnis untuk masyarakat. Dalam segi bisnis, permasalahan dalam mengendalikan biaya ketidakhandalan (COUR) dari peralatan dan kegagalan proses hanya membuangbuang uang. Biaya indeks yang tidak dapat diandalkan adalah alat keandalan yang sederhana dan praktis untuk mengubah data kegagalan menjadi biaya. Proses perhitungan manual untuk analisis COUR dan RAM memiliki tahapan yang sangat panjang, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama jika equipment yang diteliti berjumlah banyak. Maintenance analyst perlu menggunakan lebih dari satu jenis aplikasi yang sudah ada sebagai alat bantu pengerjaan. Oleh karena itu, dirancang sebuah aplikasi berbasis web dengan fitur lebih lengkap yang dapat digunakan untuk menganalisis COUR dan RAM. Aplikasi ini akan mempermudah proses perhitungan, analisis, dan pengelolaan hasil, sehingga akan membantu maintenance analyst dalam mengerjakan tugasnya. Aplikasi ini dapat menentukan kebijakan maintenance, memprediksi kinerja keandalan, ketersediaan, dan kemampuan perawatan suatu mesin. Serta melakukan perhitungan biaya dari masalah keandalan.

Kata Kunci : Aplikasi berbasis web, pemeliharaan, COUR, RAM, Biaya indeks.

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI COST OF UNRELIABILITY (COUR) DAN RELIABILITY AVAILABILITY MAINTAINABILITY (RAM) BERBASIS WEB DALAM MENENTUKAN KEBIJAKAN MAINTENANCE (COURAM ANALYZER)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FADHIL HABIBIE
Perorangan
Judi Alhilman, Fransiskus Tatas Dwi Atmaji
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • BUG1E2 - BAHASA INGGRIS II
  • IEG4E2 - KERJA PRAKTEK
  • IE4393 - MANAJEMEN MUTU
  • IEG443 - MANAJEMEN RISIKO
  • IEG3H3 - PEMODELAN SISTEM
  • IE2023 - PENELITIAN OPERASIONAL
  • IE2313 - PENELITIAN OPERASIONAL I
  • IE2343 - PENELITIAN OPERASIONAL II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini