PERANCANGAN MODEL PENGIRIMAN DATA PADA ROBOT PEMANTAU AIR SUNGAI BERBASIS IOT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI LOW POWER WIDE AREA NETWORK (LPWAN)

RAHAYU DWI LESTARI

Informasi Dasar

19.04.4064
004.66
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem pemantauan air sungai merupakan salah satu upaya sebagai kontribusi untuk mengendalikan polusi dan/atau kerusakan pada DAS Citarum di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2018. Pemantauan kualitas air Sungai Citarum sangat penting karena untuk mengetahui kondisinya. Meskipun demikian, pemantauan berkala membutuhkan sampel air untuk dibawa ke laboratorium untuk diuji. Oleh sebab itu, hal tersebut tidak real-time dan boros tenaga. Dalam Tugas Akhir ini, desain sistem pemantauan kualitas air sungai berbasis IoT yang menggunakan teknologi komunikasi LPWAN akan diusulkan sehingga titik-titik pemabs-indoabsantauan pada DAS Citarum dapat dipantau secara real-time dan hasil data pemantauan akan disimpan di server untuk pencatatan data. Tes tentang jangkauan komunikasi dilakukan dengan empat node dan satu gateway dengan transceiver LoRa yang dipasangkan dengan papan Arduino, sebagai metode komunikasi LPWAN, untuk dapat bertukar informasi dalam hal perangkat keras dan menerapkan topologi jaringan jala untuk memperluas titik pemantauan dalam hal perangkat lunak. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian bahwa jangkauan komunikasi untuk transmisi antara node ke node atau node to gateway mencapai maksimum 500 m di permukaan air sebelum mengalami loss signal.

Subjek

DATA TRANSMISSION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL PENGIRIMAN DATA PADA ROBOT PEMANTAU AIR SUNGAI BERBASIS IOT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI LOW POWER WIDE AREA NETWORK (LPWAN)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHAYU DWI LESTARI
Perorangan
Angga Rusdinar, Muhammad Ary Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • EL3113 - MIKROKONTROLER
  • ETH3I3 - SISTEM TELEKOMUNIKASI
  • FEH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TEI3J3 - SISTEM TELEKOMUNIKASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini