PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KOMPENSASI MANAJEMEN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Periode 2016–2017)

AYU LESTARI NINGSIH

Informasi Dasar

19.04.4109
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Pemerintah memaksimalkan perpajakan dalam rangka peningkatan penerimaan perpajakan, melalui perbaikan basis data pajak sebagai hasil program tax amnesty. Penghindaran pajak (tax avoidance) merupakan bagian dari perencanaan pajak yang dilakukan secara legal, penghindaran pajak bertujuan untuk meringankan beban pajak dengan tidak melanggar undang-undang yang berlaku. Terdapat berbagai faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap tax avoidance diantaranya kualitas audit dan kompensasi manajemen. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kualitas audit dan kompensasi manajemen terhadap penghindaran pajak pada perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi periode 2016–2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif, sementara metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi periode 2016–2017. Teknis analisa dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software Eviews. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi data panel, dapat diketahui, kualitas audit dan kompensasi manajemen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan Sektor perdagangan, jasa, dan investasi periode 2016–2017. Sedangkan kualitas audit dan kompensasi manajemen secara parsial tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada sektor perdagangan, jasa, dan investasi pada tahun 2016-2017. Berdasarkan hasil penelitian, hendaknya menejemen perusahaan mencari faktor lain selain kualitas audit dan kompensasi manajemen yang dapat mempengaruhi tindakan penghindaran pajak perusahaan. Sehingga perusahaan dapat melakukan penghindaran pajak secara legal dan dapat memaksimalkan laba perusahaan.

Kata Kunci : Kualitas Audit dan Kompensasi Manajemen dan Penghindaran Pajak

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KOMPENSASI MANAJEMEN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Periode 2016–2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU LESTARI NINGSIH
Perorangan
CAHYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini