Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2012-2017)

ADAM MAULANA NUGRAHA

Informasi Dasar

19.04.4110
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan harga saham pada beberapa perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI tidak sejalan dengan perubahan tingkat profitabilitas dan leverage perusahaan. Dimana ditemukan beberapa perusahaan yang mengalami penurunan harga saham namun ROA perusahaan naik (sebaliknya) dan perusahaan yang mengalami penurunan DER namun harga saham perusahaan ikut turun (sebaliknya). Terkait hal tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas dan leverage terhadap harga saham perusahaan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hubungan variabel profitabilitas, leverage dan harga saham. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel profitabilitas dan leverage terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi dan kepustakaan, data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah data panel dengan pendekatan estimasi model random effect. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui melalui uji f secara simultan variabel profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan telekomunikasi. Melalui uji t dapat diketahui secara parsial variabel profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan telekomunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan profitabilitas dan leverage tidak mempengaruhi harga saham perusahaan telekomunikasi di BEI. Namun, bukan berarti profitabilitas dan leverage dikesampingkan dalam pengambilan keputusan investasi di bidang saham, karena pada penelitian ini profitabilitas dan leverage masing-masing hanya diukur melalui ROA dan DER saja. Selain itu, nilai r squared variabel independen pada penelitian mampu menjelaskan variabel dependen sebanyak 1%. Artinya, 99% dapat dijelaskan oleh variabel lain seperti earning per share, net profit margin, times earned interest ratio, dan lain-lain.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Harga Saham, Telekomunikasi.

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2012-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADAM MAULANA NUGRAHA
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini