PRODUKSI FILM DOKUMENTER “MENGENAL ATAU MELUPAKAN” (Film Dokumenter Tentang Pelestarian Kesenian Karawitan Gamelan Jawa di SMA Negeri 4 Purwokerto, Jawa Tengah)

KHAIRUNNISA SETYO FATIMATUZZAHRA

Informasi Dasar

19.04.4154
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesenian karawitan merupakan kesenian daerah di Jawa Tengah yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan tidak dapat diabaikan. Kesenian ini ada dan berkembang karena berkaitan dengan makna, fungsi, dan kebudayaan yang melatarbelakanginya. Irama musik yang dihasilkan oleh gamelan pada umumnya menghasilkan irama yang lembut, mencerminkan keselarasan hidup, dan menggambarkan prinsip yang dianut oleh masyarakat Jawa pada umumnya. Oleh karena itu, salah satu sekolah menengah atas di Purwokerto, Jawa Tengah menciptakan sebuah ruangan yang digunakan untuk siswa siswi nya berlatih kesenian karawitan gamelan. Kegiatan ini bertujuan agar siswa siswi SMA tersebut bisa belajar gamelan dan mengenali kesenian daerahnya sendiri. Karya akhir berupa film dokumenter ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap warisan kesenian Indonesia dan mampu melestarikannya. Film dokumenter ini berdurasi sekitar 8 menit. Kesimpulan dari film dokumenter ini yaitu agar audiens bisa lebih mengenal kesenian yang ada di daerahnya dan mampu belajar keseniannya sendiri sebelum belajar kebudayaan dari negara lainnya. Sehingga, kesenian karawitan gamelan tidak akan punah ataupun di klaim oleh negara lain dimasa yang akan datang.

Kata Kunci: Pelestarian Budaya, Warisan Budaya, Gamelan Jawa, Karawitan, Film Dokumenter

Subjek

FILM
 

Katalog

PRODUKSI FILM DOKUMENTER “MENGENAL ATAU MELUPAKAN” (Film Dokumenter Tentang Pelestarian Kesenian Karawitan Gamelan Jawa di SMA Negeri 4 Purwokerto, Jawa Tengah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRUNNISA SETYO FATIMATUZZAHRA
Perorangan
ASAAS PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini