Prediksi Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Setiap Tingkat Menggunakan Algoritma KNN

ALFIN PRATAMA SALIM

Informasi Dasar

19.04.4210
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permasalahan pada topik. Persentase kelulusan tepat waktu merupakan salah satu poin penting yang mempengaruhi akreditasi sebuah universitas. Masih banyak universitas yang melakukan pemantauan mahasiswa secara manual dan tidak dapat memberikan solusi yang tepat untuk mahasiswa tersebut.

Solusi. Klasifikasi menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) dapat digunakan untuk memprediksikan kelulusan tepat waktu mahasiswa S1 Teknik Informatika. Algoritma KNN adalah algoritma klasifikasi data berdasarkan data pembelajaran yang diambil dari k tetangga terdekatnya. Algoritma ini digunakan karena efektif dalam training data yang besar dan tangguh terhadap data yang noisy. Masukan yang digunakan berupa data akademik mahasiswa S1 Teknik Informatika angkatan 2008-2011 dan menghasilkan keluaran yaitu akurasi algoritma KNN. Data akan dibagi setiap tingkat menjadi empat bagian yaitu tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3, dan tingkat 4. Hal ini dilakukan untuk mengetahui waktu yang tepat melakukan prediksi. Pengujian dilakukan menggunakan K-Fold Cross Validation dengan membagi himpunan data menjadi beberapa fold, satu fold sebagai data uji dan fold lainnya sebagai data latih.

Hasil utama. Hasil dari pengujian ini adalah akurasi algoritma KNN setiap tingkat. Tingkat 1 mencapai 72.97%, tingkat 2 mencapai 74,83%, tingkat 3 mencapai 77,50%, dan tingkat 4 mencapai 99,83%.

Kata kunci : klasifikasi, algoritma KNN, k-fold cross validation, tingkat

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

Prediksi Kelulusan Tepat Waktu Mahasiswa Setiap Tingkat Menggunakan Algoritma KNN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFIN PRATAMA SALIM
Perorangan
Kusuma Ayu Laksitowening, Ibnu Asror
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CCH3F3 - KECERDASAN BUATAN
  • CS3243 - KECERDASAN MESIN DAN ARTIFISIAL
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini