Perancangan Buku Panduan Seduh Kopi Manual Untuk Home Brewers

AHMAD NUR KHOLIS

Informasi Dasar

19.04.4273
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kopi merupakan minuman seduh dari biji kopi yang telah disangrai kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Indonesia berprestasi sebagai produsen kopi terbesar ke-empat di dunia pada tahun 2016, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Tren kopi yang semakin populer membuat banyak orang yang tertarik mempelajari kopi. Orang yang menikmati kopi tidak lagi hanya ingin menikmati, tapi juga ingin mengetahui tentang perjalanan kopi lebih banyak, dari sejak kopi dipanen sampai kemudian tersaji. Sebab secangkir kopi memang mengandung cultural experience yang panjang.

Munculnya kompetisi kopi tingkat Nasional dan Internasional membuat kopi semakin diminati sehingga banyak yang tertarik mempelajari kopi, mulai dari tertarik membuka bisnis kopi sampai tertarik dengan menyeduh kopi manual secara mandiri di rumah, di kantor bahkan di ruang tunggu kereta api. Ada juga yang menyediakan kopi siap diseduh secara mandiri oleh pengunjung dengan tarif yang cukup murah.

Namun, ketertarikan penyeduh pemula dalam menyeduh dan menikmati secangkir kopi tidak berjalan begitu lancar. Kurangnya pengetahuan umum tentang kopi adalah salah satu faktor utama ritual menyeduh kopi akhirnya kehilangan esensinya. Selain itu masih banyak brewers pemula yang masih bingung bagaimana teknik dan metode menyeduh kopi manual yang baik, efisien dan praktis.

Maka dari itu, dibutuhkan sebuah buku edukasi dan panduan seduh tentang proses perjalanan kopi, mulai penanaman, panen, pasca panen, roasting, menyeduh hingga siap untuk dinikmati. Dengan demikian proses perancangan buku tersebut diharapkan mampu menambah pengetahuan pada dunia perkopian Indonesia.

Kata kunci: Kopi, Buku Panduan, Menyeduh Kopi.

Subjek

1. GRAPHIC DESIGN 2. ARTS
 

Katalog

Perancangan Buku Panduan Seduh Kopi Manual Untuk Home Brewers
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD NUR KHOLIS
Perorangan
Nugroho Sulityanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • GDH2G3 - FOTOGRAFI LANJUT
  • GDH3D3 - ILUSTRASI LANJUT
  • GDH2F3 - TIPOGRAFI LANJUT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini