PENGEMBANGAN WISATA BAHARI SEBAGAI ASET UTAMA PARIWISATA KECAMATAN TANJUNG MUTIARA PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus Pantai Bandar Mutiara)

MIRA NURFAJRIMA GUSTIN

Informasi Dasar

19.06.536
338.479 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam merupakan salah satu wilayah di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki potensi wisata bahari yang cukup besar, salah satunya adalah Pantai Bandar Mutiara akan tetapi keberadaan daya tarik wisata tersebut belum terkelola dengan baik. Permasalahan yang ada adalah potensi-potensi yang terdapat di Kecamatan Tanjung Mutiara belum terintegrasi dan tereksplorasi, sehingga dibutuhkan suatu strategi pengembangan wisata bahari. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Tahap selanjutnya yaitu menganalisis faktor internal dan faktor eksternal daya tarik wisata Pantai Bandar Mutiara untuk dapat menganalisis faktor mana yang lebih menonjol dari daya tarik wisata tersebut. Maka tahap terakhir yang dilakukan adalah analisis strategi-strategi pengembangan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil akhir penelitian ini memperoleh strategi pengembangan yang sesuai dengan peraturan pemerintah daerah mengenai rencana pembangunan jangka panjang daerah 2016-2021, yaitu Menciptakan dan meningkatkan sarana dan prasarana baru dalam menunjang kenyamanan wisatawan, menciptakan kegiatan wisata bahari yang baru dengan memanfaatkan potensi bahari yang berdasarkan ramah lingkungan, Meningkatkan Informasi dan Promosi melalui internet atau media promosi lainnya, Meningkatkan kerjasama antara masyarakat dengan pengelola dan pemerintah daerah. Strategi tersebut diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata bahari Pantai Bandar Mutiara. Kata Kunci: Strategi pengembangan, Wisata Bahari, Analisis SWOT

Subjek

TOURISM
 

Katalog

PENGEMBANGAN WISATA BAHARI SEBAGAI ASET UTAMA PARIWISATA KECAMATAN TANJUNG MUTIARA PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus Pantai Bandar Mutiara)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIRA NURFAJRIMA GUSTIN
Perorangan
UMI SUMARSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DHH1B2 - PENGANTAR ILMU PARIWISATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini