Perancangan dan Implementasi Sistem Peminjaman Ruangan Laboratorium Menggunakan Near Field Communiction (NFC) Berbasis Android (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)

MUHAMMAD NURFIAN AZIZ

Informasi Dasar

19.06.560
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Laboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung perkuliahan mahasiswa di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Saat ini, sistem peminjaman ruangan laboratorium masih menggunakan cara sederhana, yaitu dengan mengisi logbook, mengambil kunci ruangan di ruangan admin dan mengembalikannya kembali setelah meminjam. Hal seperti ini sering menemui kendala, seperti kunci yang tidak dikembalikan ke admin, peminjam yang sering tidak mengisi buku peminjaman laboratorium dan lain sebagainya Atas permasalahan tersebut, maka pada Proyek Akhir ini akan dibuat alat untuk memudahkan dan agar lebih praktis dalam melakukan peminjaman. Kunci ruangan laboratorium akan diintegrasikan dengan sistem Near Field Communication atau NFC yang akan langsung dapat membuka pintu ruangan. Alat yang akan dibuat juga dilengkapi dengan sensor DHT11 untuk memantau suhu di ruangan laboratorium. Sedangkan untuk monitoring dan melihat jadwal ruangan laboratorium yang kosong dapat dilakukan dengan aplikasi pada device Android. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, semua sistem baik mikrokontroler dan aplikasi Android berjalan dengan baik. Pintu ruang dapat membuka sesuai dengan ID NFC yang ada pada Firebase. Dan monitoring suhu dengan sensor DHT11 yang memiliki toleransi sebesar 2-5%. Semua fungsi pada aplikasi Android telah berfungsi 100%. Kata kunci: monitoring, DHT11, NFC, android

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Sistem Peminjaman Ruangan Laboratorium Menggunakan Near Field Communiction (NFC) Berbasis Android (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NURFIAN AZIZ
Perorangan
Rohmat Tulloh, Atik Novianti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2D3 - APLIKASI MIKROKONTROLER DAN ANTARMUKA
  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • VTI2D3 - APLIKASI MIKROKONTROLER DAN ANTARMUKA
  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini