PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE

AULIA RAHMA

Informasi Dasar

19.04.4378
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan konsumen akan produk akhir, atau barang yang siap untuk dikonsumsi, berhasil mendorong terciptanya berbagai peluang usaha; terutama usaha pada bidang ritel yang semakin hari, semakin bertambah luas cakupan operasinya. Berkembangnya bisnis ritel tersebut merupakan wujud perubahan gaya hidup yang terjadi pada masyarakat kelas menengah, khususnya di kota-kota besar, yang menyebabkan timbulnya permintaan akan convenience store di wilayah perkotaan. Matahari Department Store menjadi department store modern pertama di Indonesia dengan mengusung konsep toko modern. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Department Store. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana store atmosphere yang diberikan kepada konsumen Matahari, bagaimana gaya hidup konsumen di Matahari, besarnya pengaruh store atmosphere dan gaya hidup konsumen secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store (studi kasus pada Matahari Department Store Bandung Indah Plaza). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel store atmosphere, gaya hidup konsumen dan keputusan pembelian secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil teknik analisis regresi linier berganda menunjukkan store atmosphere dan gaya hidup konsumen secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Matahari Department Store Bandung Indah Plaza. Besarnya pengaruh store atmosphere dan gaya hidup secara bersama-sama sebesar 79,3% terhadap keputusan pembelian dan sisanya 20,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas pelayanan, harga atau kualitas produk. Secara parsial store atmosphere dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh paling tinggi yaitu gaya hidup dan pengaruh paling rendah yaitu store atmosphere.

Kata Kunci : Store Atmosphere, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian Konsumen

Subjek

Marketing
 

Katalog

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAHMA
Perorangan
AI LILI YULIATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini