PENGARUH RETURN ON EQUITY, NON PERFORMING LOAN DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

MUHAMMAD ALANK FATTAH NEGARA

Informasi Dasar

19.04.4393
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Investasi merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa mendatang. Investasi dapat dilakukan melalui saham, salah satu instrumen investasi dengan tingkat risiko yang relatif tinggi. Harga saham dapat diukur dengan menggunakan proxy berupa return. Salah satu sektor yang paling menarik para investor adalah perbankan. Perbankan merupakan salah satu sektor yang sensitif terhadap perubahan perekonomian dalam suatu negara. Perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2017 memiliki kecenderungan harga saham yang turun. Perubahan harga saham diduga dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan pada tingkat signifikansi 5% atau 0,05 antara harga saham sebagai variabel dependen dengan return on equity (ROE), non performing loan (NPL) dan loan to deposit rasio (LDR) sebagai variabel independen. Dan pengaruh secara parsial pada tingkat signifikansi 5% atau 0,05 pada harga saham sebagai variabel dependen dengan return on equity (ROE), non performing loan (NPL) dan loan to deposit rasio (LDR) sebagai variabel independen. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan deskriptif verifikatif dan memiliki tipe kausalitas. Unit analisis sebagai populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2017. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan dengan periode 4 tahun, Total sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 48 sampel. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan regresi data panel didapatkan hasil bahwa ROE, NPL dan LDR berpengaruh secara simultan terhadap harga saham. Secara parsial ROE dan NPL tidak berpengaruh terhadap harga saham dan LDR berpengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perbankan disarankan untuk memperhatikan rasio LDR agar harga saham perbankan mengalami kenaikan. Hal ini bertujuan agar investor memperoleh return yang tinggi.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH RETURN ON EQUITY, NON PERFORMING LOAN DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ALANK FATTAH NEGARA
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini