PERANCANGAN MODEL SISTEM ENTERPRISE ASSET MANAGEMENT MODUL INVESTMENT MANAGEMENT (IM) BERBASIS SAP S/4HANA PADA SEKTOR BISNIS TRANSPORTASI (STUDI KASUS DI PT XYZ)

FANHARIL ARDIAN

Informasi Dasar

19.04.4433
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan BUMN yang bergerak di bidang transportasi yang mengurus kebutuhan angkutan barang di Indonesia. Hingga tahun 2017 perusahaan ini telah memiliki sebanyak 27.396 orang karyawan dengan pendapatan sebesar 17,9 triliun rupiah. Proses bisnis utama perusahan ini adalah terkait penyedia transportasi untuk angkutan barang. Saat ini sistem pengelola perencanaan anggaran investasi untuk pembangunan area logistik masih menggunakan sistem yang belum terintegrasi dalam proses pembuatan struktur investasi, proses approval untuk stakeholder terkait, dan proses distribusi anggaran. Sistem yang tidak terintegrasi tersebut menyebabkan masalah berupa proses perencanaan anggaran investasi yang tidak efektif dan efisien. Selain itu sistem yang ada juga belum memenuhi peraturan menteri badan usaha milik negara.Untuk menjawab masalah tersebut penulis melakukan perancangan model sistem ERP SAP modul IM (investment management). Perancangan sistem SAP modul IM menggunakan metode SAP Activate yang berfokus pada tahap discover, prepare, explore, dan realize, metode ini dipilih karena melingkupi aspek roadmap, perencanaan business case, perencanaan fungsional dan teknikal sistem SAP, integration dan execution testing, solution design serta documentation yang terstruktur dan dapat membantu perencanaan sistem SAP secara efektif dan efisien. Hasil penelitiaan ini berupa rancangan sistem SAP modul IM yang berfokus pada perencanaan pengajuan anggaran investasi dengan proses monitoring yang komprehensif.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL SISTEM ENTERPRISE ASSET MANAGEMENT MODUL INVESTMENT MANAGEMENT (IM) BERBASIS SAP S/4HANA PADA SEKTOR BISNIS TRANSPORTASI (STUDI KASUS DI PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FANHARIL ARDIAN
Perorangan
LITASARI WIDYASTUTI SUWARSONO, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini