PERANCANGAN MODEL SISTEM ENTERPRISE ASSET MANAGEMENT MODUL MATERIAL MANAGEMENT (MM) BERBASIS SAP S/4 HANA PADA BISNIS SEKTOR TRANSPORTASI (STUDI KASUS DI PT XYZ)

FIKRI ALFITRA RAHADI

Informasi Dasar

19.04.4464
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi di Indonesia, pengembangan jasa transportasi menjadi salah satu proses bisnis utama di PT XYZ. Pengembangan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai aspek perusahaan termasuk proses pengembangan jasa dan transportasi. Proses jasa angkutan barang pada PT XYZ memiliki beberapa permasalahan dalam melakukan proses tersebut. Permasalahan yang dialami seperti area logistik yang kurang dan tidak memadai. Hal ini membuat proses pengantaran barang menjadi terganggu. Solusi untuk permasalahan tersebut dengan membangun suatu area logistik yang dapat mengatasi masalah tersebut. Diperlukan suatu manajemen aset dalam melakukan proses pembangunan area logistik yang melibatkan proses akuisisi dan pengadaan aset. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah rancangan sistem model Enterprise Asset Management (EAM) berbasis aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP). Dengan adanya sistem model yang saling terintegrasi PT XYZ dapat melakukan pertukaran data saat membangun suatu proyek infrastruktur secara real-time. Adapun software ERP yang akan banyak digunakan saat ini adalah Systems, Application, and Products in data processing (SAP) software. Pada aplikasi SAP akan dilakukan perancangan modul Material Management (MM). perancangan akan dilakukan menggunakan metode SAP Activate. Pada perancangan sistem dilakukan dengan beberapa fase seperti Discover, Prepare, Explore, dan Realize. Diharapkan dengan menggunakan metode SAP Activate dapat menjadi solusi dalam merancang sistem ERP pada proses pengadaan dan akuisisi aset menggunakan aplikasi SAP modul Material Management (MM) di PT XYZ.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL SISTEM ENTERPRISE ASSET MANAGEMENT MODUL MATERIAL MANAGEMENT (MM) BERBASIS SAP S/4 HANA PADA BISNIS SEKTOR TRANSPORTASI (STUDI KASUS DI PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKRI ALFITRA RAHADI
Perorangan
LITASARI WIDYASTUTI SUWARSONO, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini