PENGEMBANGAN KONTRA BON PADA SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL AKUNTANSI DAN SALES MANAGEMENT TERINTEGRASI PADA INDUSTRI TEKSTIL MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS CV. BLESSING)

SHINTHYA YODA PUTRI

Informasi Dasar

19.04.4480
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri tekstil Indonesia kian lama kian berkembang dikarenakan hasil atau profit yang diperoleh menjanjikan, oleh karena itu persaingan di dalam industri tekstil sangat ketat. CV. Blessing merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil. Produk yang dihasilkan oleh CV. Blessing adalah berbagai macam jenis kain seperti kaos, kain katun, dan berbagai macam produk tekstil lainnya. Salah satu proses bisnis yang ada pada CV. Blessing adalah pada bagian akuntansi dan sales. Proses bisnis pada bagian akuntansi meliputi aktivitas pencatatan dan analisa biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas purchasing. Sedangkan bagian sales meliputi proses penjualan barang kepada customer. CV. Blessing belum memiliki sistem untuk mengelola akuntansi dan penjualan. Permasalahan utama pada bagian akuntansi yaitu belum adanya sistem pembuatan dokumen kontrabon dan belum adanya terintegrasi antara bagian akuntansi, inventory, dan purchasing. Hal ini tentu membuat semua data keuangan bisa di control menggunakan sistem tanpa harus melakukan pengecekan dokumen secara manual. Kemudian pada bagian sales yaitu belum adanya sistem untuk mencatat proses penjualan dan tidak adanya integrasi antara bagian sales dengan akuntansi untuk membuat laporan keuangan. Pembangunan Enterprise Resource Planning (ERP) dapat menjadi solusi permasalahan tersebut di CV. Blessing. Sistem ERP yang digunakan adalah Odoo. Odoo merupakan software open source yang banyak di gunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Pembangunan sistem ERP pada CV. Blessing menggunakan Odoo Quickstart Methodology. Metodologi ini sangat cocok dengan perusahaan seperti CV. Blessing yaitu perusahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pembangunan Sistem ERP pada CV. Blessing bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada bagian akuntansi dan penjualan sehingga proses bisnis perusahaan dapat terintegrasi dengan baik, efektif, dan efisien. Modul Accounting dan Modul Sales yang terdapat pada Odoo akan membantu meningkatkan bagian akuntansi mengelola proses pencatatan serta pencetakan laporan keuangan yang lebih baik dan juga membantu meningkatkan bagian sales mengeleola proses penjualan. Untuk evaluasi penelitian, peneliti menggunakan system usability scale untuk mengukur penggunaan interface yang sudah dibuat. Kata kunci : Akuntansi, Kontra Bon, Sales, ERP, Odoo, Metodologi Odoo Quickstart, System usability scale

Subjek

Information systems-computer
 

Katalog

PENGEMBANGAN KONTRA BON PADA SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL AKUNTANSI DAN SALES MANAGEMENT TERINTEGRASI PADA INDUSTRI TEKSTIL MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS CV. BLESSING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHINTHYA YODA PUTRI
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISG4E3 - ERP AKUNTANSI
  • ISH4S3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISH4R3 - KUSTOMISASI ERP
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4T3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISI4S3 - KUSTOMISASI ERP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini