PERANCANGAN ULANG DESAIN INTERIOR KANTOR PELAYANAN MASYARAKAT TECHNOPARK CIMAHI

MUHAMMAD ABDUL AZIZ SIREGAR

Informasi Dasar

19.04.4489
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri Kreatif mempunyai peranan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia secara global. Berdasarkan data nasional, sektor industri kreatif telah menyerap 15,9 juta tenaga kerja dengan kontribusi 7,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) atau setara denganRp 852 triliun. Karena revolusi industri keempat telah dimulai untuk menghadapinya di butuhkan sebuah fasilitas ekonomi industri kreatif yang sesuai dengan pada bidangnya agar potensi yang ada dapat dimanfaatkan dan terfasilitasi dengan baik.

Hadirnya technopark memiliki fungsi menyediakan sebuah tempat fasilitas melingkupi perkantoran, pusat perdagangan, laboratorium penelitian, pusat pelatihan dan pendidikan yang dilengkapi infrastruktur modern dengan tujuan membangun ekonomi berbasis inovasi dan teknologi. Keberhasilan suatu technopark minimal harus memainkan tiga peran utama atau triple helix. Dengan Melaksanakan penelitian dan mengembangkan perusahaan pemula berbasis teknologi, serta menarik industri ke dalam kawasan technopark sehingga tercipta ekosistem inovasi yang bisa terwujud dengan aktor utama quadruple helix, yaitu: academic, business, government, and community (Lukito Hasta Pratopo, Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang LainnyaKemrinstekdikti).

Seperti yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019 mengenai program pemerintah membuat 100 technopark di indonesia pada tingkat pusat, provinsi, Kabupaten/Kota dan salah satu technopark tersebut berada di cimahi. Cimahidipilih karena Cimahi memiliki keterbatasan dalam potensi sumber daya alam dan wilayah, namun memiliki keunggulan SDM yang dapat dikembangkan dan berdaya saing tinggi di bidang jasa, perdagangan, pendidikan dan budaya.maka dari itu untuk menciptakan technopark cimahi dengan penerapan sistem quadruple helix, perlunya perancangan ulang pada cimahi tehcnopark sehingga dapat lebih berkembang di bidang industri kreatif serta menghasilkan lapangan kerja atau start up baru berbasis teknologi melalui produk yang dihasilkan dari technopark cimahi.

Kata Kunci :Technopark, Cimahi Technopark, Quadruple Helix

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

PERANCANGAN ULANG DESAIN INTERIOR KANTOR PELAYANAN MASYARAKAT TECHNOPARK CIMAHI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ABDUL AZIZ SIREGAR
Perorangan
VIKA HARISTIANTI, DODDY FRIESTYA A
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini