PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN FUNGSI STATISTIK DISKOMINFOTIK KBB)

EGA FIRMANSYAH HARAHAP

Informasi Dasar

19.04.4512
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi,Informatika dan Statistik atau DISKOMINFOTIK adalah salah satu kantor Dinas Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang bertugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi, informatika dan statistik berdasarkan asas otonomi dan pembantuan. Dinas ini terdiri dari tiga bidang yaitu Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Aplikasi Informatika Pemerintah, dan Bidang Sekretariat. Berdasarkan survei lapangan dan wawancara kepada narasumber terkait menunjukkan bahwa tingkat efisiensi dan efektifitas proses bisnis di Fungsi Informasi dan Komunikasi Publik, dan Statistik Diskominfotik masih belum dikatakan optimal. Tidak hanya di sisi tersebut, keselarasan teknologi informasi (TI) dengan proses bisnis di fungsi ini pun masih belum tercapai. Dengan upaya untuk mengimplementasikan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Diskominfotik khususnya pada Fungsi Informasi dan Komunikasi Publik, dan Statistik. Oleh karenanya penulis memilih menggunakan metode Enterprise Architecture (EA) dengan kerangka kerja TOGAF ADM sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut. TOGAF ADM akan memfokuskan pengembangan SPBE dalam empat domain diantaranya bisnis, data, aplikasi, dan teknologi melalui 7 (tujuh) fase pengembangan mulai dari preliminary phase hingga migration planning. Adapun teknologi utama yang diusung untuk optimalisasi SPBE ini adalah berupa Government Service Bus (GSB). Hasil dari perancangan EA ini adalah berupa artefak artefak TOGAF ADM dan rekomendasi pengembangan TI dalam bentuk Peta jalan IT. Dari hasil analisis dan perancangan yang telah dibuat diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pengembangan teknologi informasi pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung Barat khususnya pada Fungsi Informasi dan Komunikasi Publik, dan Statistik.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN FUNGSI STATISTIK DISKOMINFOTIK KBB)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGA FIRMANSYAH HARAHAP
Perorangan
NIA AMBARSARI, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IS3213 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • IE2443 - REKAYASA PROSES BISNIS
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini