PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI, DAN LAYANAN E-GOVERNMENT DISKOMINFOTIK KBB)

MARISA ARIESTI

Informasi Dasar

19.04.4522
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu perangkat daerah yang memiliki 4 bidang utama, yaitu Kepala Dinas, Sekretariat, Bidang Aplikasi Informatika Pemerintahan, dan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Meski telah mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh, dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintah dan penyelenggaraan pelayanan publik, akan tetapi masih terdapat permasalahan kurangnya optimalnya integrasi antara teknologi informasi dan layanan bisnis untuk membantu operasionalnya, salah satunya pada fungsi Infrastruktur dan Teknologi, dan Layanan E-Government. Perancangan EA dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM adalah solusi atas permasalahan tersebut karena TOGAF ADM akan menfokuskan pengembangan SPBE dalam empat domain diantaranya bisnis, data, aplikasi, dan teknologi melalui 7 (tujuh) fase pengembangan mulai dari fase Preliminary hingga fase Migration Planning. Output yang dihasilkan yaitu berupa blueprint dari perancangan arsitektur dan IT Roadmap. Kata kunci: TOGAF ADM, SPBE, Enterprise Architecture, Blueprint, IT Roadmap, Preliminary Phase, Migration Planning, Infrasttuktur dan Teknologi, dan Layanan E-Government.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI INFRASTRUKTUR DAN TEKNOLOGI, DAN LAYANAN E-GOVERNMENT DISKOMINFOTIK KBB)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARISA ARIESTI
Perorangan
NIA AMBARSARI, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH3A3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISI3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini