PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI PERSANDIAN, MANAJEMEN DATA, DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DISKOMINFOTIK KBB)

FAIZ MUHAMMAD HERMAWAN

Informasi Dasar

19.04.4530
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik merupakan salah satu perangkat daerah yang mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang informasi dan komunikasi publik, dan aplikasi informatika pemerintahan. Dalam pengelolaan setiap fungsi maka dibutuhan integrasi antar TI dan layanan bisnis yang tersedia. Meski sudah mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), namun masih ada permasalahan yang terjadi, antara lain kurangnya integrasi data antar fungsi dalam Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, khususnya integrasi dengan fungsi Persandian dan Manajemen Data dan Pengembangan yang menjadi fokus dalam penelitian ini.

Dalam mewujudkan hal tersebut, maka dilakukan perancangan enterprise architecture menggunakan metode TOGAF ADM yang terdiri dari 7 fase. Fase tersebut dimulai dari preliminary phase hingga ke fase Migration Planning. Adapun output yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu berupa blueprint dari perancangan arsitektur dan IT Roadmap yang dapat dijadikan acuan Pemerintah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik khususnya dalam fungsi persandian dan manajemen data dan pengembangan aplikasi dalam mengembangkan teknologi informasi serta pemanfaatan TI sebaik mungkin.

Kata kunci: TOGAF ADM, SPBE, Enterprise architecture, blueprint, IT Roadmap, preliminary phase, migration planning, Persandian dan Manajemen Data.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.2 (STUDI KASUS: FUNGSI PERSANDIAN, MANAJEMEN DATA, DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DISKOMINFOTIK KBB)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAIZ MUHAMMAD HERMAWAN
Perorangan
NIA AMBARSARI, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4X3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini