PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Kota Cimahi)

ARKAN TARA MUHAMMAD

Informasi Dasar

19.04.4681
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (DISKOMINFOARPUS) adalah sebuah instansi yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan dan mempunyai tugas di bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian. Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan memiliki misi meningkakan kualitas penerapan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan layanan-layanan meliputi layanan informasi, layanan komunikasi publik, layanan statistik dan layanan penyelenggaraan e-government. Untuk mencapai misi tersebut dibutuhkan penyusunan Tata Kelola sebagai pedoman dalam menerapkan tata kelola yang baik dan dapat menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Pada Penelitian ini dilakukan assessment indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan assessment COBIT 5 seven enabler terhadap kondisi saat ini pada Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan. Berdasarkan hasil assessment indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan assessment seven enabler yang berfokus pada domain Monitor, Evaluate, and Assess (MEA), ditemukan beberapa permasalahan seperti belum adanya kebijakan dan SOP yang mengatur proses tata kelola manajemen TI, belum adanya sasaran kegiatan terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada perjanjian kerja, serta belum adanya aplikasi yang mendukung proses tata kelola untuk meningkatkan tingkat kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sehingga dari permasalahan tersebut diperlukan perancangan tata kelola TI di Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan kota Cimahi agar terciptanya tata kelola TI yang baik dan dapat mencapai tingkat kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang sesuai target. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi perancangan dokumen dan aplikasi yang diharapkan dapat diterapkan pada Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan kota Cimahi.

Kata Kunci: Tata Kelola TI, COBIT 5, domain MEA

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN MONITOR, EVALUATE AND ASSESS (MEA) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Kota Cimahi)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARKAN TARA MUHAMMAD
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4O3 - AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4C3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4D3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini