PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN DELIVER,SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : DiskominfoKota Cimahi)

FIRZA VENANDA

Informasi Dasar

19.04.4689
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN DELIVER, SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Cimahi)

Oleh FIRZA VENANDA 1202150018

Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Cimahi merupakan instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintah dan mempunyai tugas di bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian. Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai misi meningkatkan kualitas penerapan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan layanan, meliputi layanan informasi, layanan komunikasi publik, layanan statistik dan penyelenggara e-government. Berdasarkan hasil assessment indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan assessment seven enabler pada domain DSS, ditemukan beberapa permasalahan seperti belum adanya SOP dan kebijakan yang mengatur tata kelola TI, pembuatan perjanjian kerja, serta belum terdapat aplikasi yang mendukung proses tata kelola TI. Perancangan tata kelola TI menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada DSS01 Manage Operations, DSS05 Manage Security Service dan DSS06 Manage Business Process Controls. Penelitian ini dilakukan identifikasi kondisi seven enabler yang ideal pada COBIT 5 dengan kondisi saat ini yang ada di Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Cimahi. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi people, rekomendasi process dan rekomendasi technology. Berupa dokumen yang dapat di terapkan di Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Cimahi

Kata Kunci : COBIT 5, DSS, Tata kelola TI

Subjek

INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN DELIVER,SERVICE AND SUPPORT (DSS) (Studi Kasus : DiskominfoKota Cimahi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRZA VENANDA
Perorangan
MUHAMMAD AZANI HASIBUAN, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4V3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4P3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini