PERANCANGAN REFERENSI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA FUNGSI FINANCE DENGAN TOGAF (STUDI KASUS: INDUSTRI GARMEN)

RAESA TANYA MAQFIRAH

Informasi Dasar

19.04.4697
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri garmen adalah industri yang memproduksi pakaian jadi dan perlengkapan pakaian. Yang dimaksud dengan pakaian jadi adalah segala macam pakaian dari bahan tekstil untuk laki-laki, wanita, anak-anak dan bayi. Dalam menjalankan bisnis, industri garmen pastinya membutuhkan sebuah perancangan yang dapat menunjang proses/strategis bisnis perusahaan. Pada umumnya, Industri garmen masih belum bisa mengoptimalkan penggunaan sistem untuk meningkatkan proses-proses yang ada pada fungsi finance. Dalam menyelaraskan strategi bisnis yang kompetitif dengan teknologi informasi maka dibutuhkan sebuah perancangan enterprise architecture (EA). Namun dibeberapa perusahaan mengalami kendala dalam merancang enterprise architecture yang cocok dengan perusahaan, dikarenakan kurangnya model referensi arsitektur terhadap kebutuhan perusahaan. Sehingga dibutuhkannya perancangan model-model referensi arsitektur yang dapat membantu perusahaan dalam mewujudkan keselarasan antara teknologi informasi dan kebutuhan bisnis dalam perusahaan. Perancangan referensi ini akan merancang model referensi aplikasi Open Source berupa Odoo yang dapat digunakan oleh perusahaan yang akan merancang enterprise architecture. Perancangan ini akan menggunakan framework TOGAF yang memiliki 9 fase didalamnya. Tetapi, dalam penelitian ini akan dibatasi hanya berfokus pada 4 fase yaitu preliminary phase, architecture vision, business architecture, information system architecture (teerdiri dari data architecture dan application architecture) dan technology architecture. Dari penelitian ini akan dihasilkan sebuah model referensi enterprise architecture dengan model referensi aplikasi Odoo berupa artifact TOGAF. Dengan adanya perancangan model referensi ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dalam menyusun arsitektur pada fungsi Finance di Industri Garmen, dalam hal peningkatan fungsi proses bisnis, model data, sistem informasi dan teknologi informasi yang digunakan.

Kata Kunci: Industri Garmen, Enterprise Architecture, Finance, framework TOGAF ADM, Open Source, Odoo.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

PERANCANGAN REFERENSI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA FUNGSI FINANCE DENGAN TOGAF (STUDI KASUS: INDUSTRI GARMEN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAESA TANYA MAQFIRAH
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, RIDHA HANAFI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini