PERANCANGAN REFERENSI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA FUNGSI HUMAN RESOURCES DENGAN FRAMEWORK TOGAF (STUDI KASUS : PERUSAHAAN GARMEN)

BERLIANA FEBRIANTI PUTRI HERMAWAN

Informasi Dasar

19.04.4743
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Garmen merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan barang tekstil yang sudah jadi seperti produk fashion retail untuk pria, wanita dan anak-anak yang dimulai dari kebutuhan fashion untuk kepala sampai kaki, yang setiap saat akan mengalami peningkatan pasar karena permintaan yang terus meningkat. Proses bisnis yang berjalan di perusahaan masih belum mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi, salah satu contohnya adalah pada fungsi Human Resources (HR). Oleh karena itu perlu adanya perancangan enterprise architecture yang digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan sistem informasi pada perusahan garmen. Salah satu framework yang digunakan untuk membantu perancangan Enterprise Architecture ini adalah dengan menggunakan framework TOGAF. TOGAF merupakan sebuah framework yang digunakan oleh banyak organisasi atau perusahaan dalam mengembangkan, meningkatkan serta menyelaraskan antara bisnis dengan teknologi informasi perusahaan. Adapun 4 domain arsitektur yang dimiliki oleh TOGAF, yaitu Business Architecture, Data Architecture, Application Architecture dan Technology Architecture. Pada penelitian ini akan menghasilkan perancangan model referensi Enterprise Architecture dengan menggunakan aplikasi open source dalam bentuk artifak TOGAF. Dengan adanya perancangan model referensi ini diharapkan perusahaan dapat menggunakannya sebagai pedoman dalam menyusun arsitektur khususnya pada fungsi Human Resources pada perusahaan garment dalam hal meningkatkan fungsi proses bisnis, model data, sistem informasi dan teknologi informasi yang digunakan.

Kata Kunci : Enterprise, Architecture, Enterprise Architecture Human Resources, Odoo, Modul Human Resources, TOGAF.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN REFERENSI ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA FUNGSI HUMAN RESOURCES DENGAN FRAMEWORK TOGAF (STUDI KASUS : PERUSAHAAN GARMEN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BERLIANA FEBRIANTI PUTRI HERMAWAN
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, RIDHA HANAFI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH3A3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini