SISTEM PENDETEKSI DAN PENGHITUNG OBJEK BERBASIS IMAGE PROCESSING

FARID SIHABUDIN

Informasi Dasar

19.06.605
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan kecil maupun besar masih banyak yang menggunakan tenaga kerja manual, contohnya penghitungan jumlah produk yang masih dihitung secara manual dan cara tersebut terkadang dapat merugikan pada saat pabrikasi dimana bisa terjadi kesalahan pada saat produksi dan kerugian terhadap waktu.

Aplikasi sistem ini dikembangkan dengan teknik pengolahan citra, dimana pada tahap preprocessing dilakukan perubahan citra RGB menjadi citra grayscale dan threshold untuk mempermudah disetiap tahap proses, dan objek diambil melalui kamera webcam kemudian dilakukan proses segmentasi, untuk memisahkan objek dengan latar agar dapat mendeteksi dan menghitung objek yang terdapat pada citra.

Dari hasil pengujian didapatkan nilai akurasi paling baik pada jarak 25cm dengan presentase keberhasilan 100% dengan rata – rata delay 1.31 detik selama 5 kali pengujian. Dan pengujian pada latar putih didapatkan presentase 100% dengan rata – rata delay 1.22 detik selama 5 kali pengujian. Lalu hasil pengujian pada sudut terbaik adalah 90o dengan presentase keberhasilan 100% selama 2 kali percobaan dan rata – rata delay yang didapatkan adalah 1.31 detik. Dan hasil pengujian pada nilai intensitas cahaya terbaik terdapat pada lux 92 dengan presentasi 100% selama 4 kali percobaan dan rata – rata delay yang didapatkan adalah 1.36 detik.

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

SISTEM PENDETEKSI DAN PENGHITUNG OBJEK BERBASIS IMAGE PROCESSING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARID SIHABUDIN
Perorangan
SUCI AULIA, DADAN NUR RAMADAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2I3 - DASAR KOMUNIKASI MULTIMEDIA
  • VTI2M2 - DASAR KOMUNIKASI MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini