Sistem Informasi Konsumsi Daya Listrik dengan Fitur Map Modelling (Studi Kasus Gedung Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)

IRVAN AULIA RAHMAN

Informasi Dasar

19.06.619
621.3
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Universitas Telkom adalah institusi yang giat dalam melaksanakan program Green Campus. Sebagai buktinya, Universitas Telkom menjadi peringkat ke-9 dari pemeringkatan UI Greenmetrics 2017 tingkat Nasional. Namun, dalam penerapannya, terdapat beberapa kelemahan pada kampus ini. Salah satunya adalah belum efisiennya dalam penggunaan energi listrik. Setiap bulan biaya pembayaran listrik berkisar diangka 500 juta Rupiah. Hal ini tergolong cukup besar dalam pemakaian energi listrik. Pada proyek akhir dengan judul Sistem Informasi Konsumsi Daya Listrik dengan Fitur Map Modelling (Studi Kasus Gedung Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom) ini, berfungsi untuk melakukan pemantauan pada banyakanya daya listrik yang di konsumsi pada gedung Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Sistem informasi yang dibuat, berbasis website yang akan menampilkan hasil monitoring yang telah dikirimkan oleh microcontroller melalui google firebase sebagai penyimpan database dari hasil perhitungan komponen microcontroller yang selanjutnya akan diproses agar mengahasilkan citra berbentuk pemodelan peta dari gedung Fakultas Ilmu Terapan. Setelah didapatkan datanya, maka pemodelan akan memberikan tanda berupa warna, di lantai manakah pengguna listrik terbesar di gedung Fakultas Ilmu Terapan. Dengan sistem informasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menurunkan konsumsi listrik di kampus Universitas Telkom, khususnya gedung Fakultas Ilmu Terapan, dan member nilai tambah kepada unit pengelola yaitu Logistik Telkom University berupa kemudahan dalam sistem monitoring dan pengontrolan pemakaian listrik. Kata kunci: Konsumsi Daya Listrik, Website, Monitoring

Subjek

ELECTRIC POWER
 

Katalog

Sistem Informasi Konsumsi Daya Listrik dengan Fitur Map Modelling (Studi Kasus Gedung Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRVAN AULIA RAHMAN
Perorangan
ASEP MULYANA, ARIS HARTAMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • DTH3G4 - PROYEK AKHIR
  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini