PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENANGKAP IKAN PADA TAMBAK MENGGUNAKAN MICROCONTROLLER DAN REALTIME DATABASE

BELLA MONIQA RAMADHINI SONDA

Informasi Dasar

19.06.685
670.427
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Budidaya perikanan merupakan salah satu potensi besar untuk dikembangkan di indonesia. Permasalahan umum yang menjadi kendala utama bagi pembudidaya ikan dalam mewujudkan kegiatan perikanan adalah pengelolaan perikanan (fisheries management). Untuk Teknologi Penangkap Ikan belum banyak mendapat perhatian. Seiring dengan perkembangan teknologi untuk pembudidayaan ikan sejauh ini panen ikan masih dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan sumber daya manusia yang berlebih dan apabila terdapat pemesanan besar sulit untuk menangkap dan menghitung jumlahnya.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah prototype alat penangkap ikan menggunakan Microcontroller secara realtime. Prototype Alat Penangkap ikan ini merupakan alat yang menggunakan microcontroller sebagai pusat kendalinya dan memanfaatkan konsep IoT (Internet of Things) yang dapat mengirim data melalui wifi secara realtime. Alat ini menggunakan sensor infrared untuk mendeteksi jumlah ikan yang kita butuhkan sesuai dengan jumlah yang di input melalui alat. Lalu data dapat ditampilkan melalui website secara realtime, maka Alat penangkap ikan akan terhubung dengan Firebase Realtime sebagai database penangkap ikan. NodeMCU digunakan sebagai media untuk mengirim data dari alat ke database. Motor Stepper berfungsi sebagai penggulung jaring di prototype alat penangkap ikan , lalu Motor Servo berfungsi sebagai pembuka dan penutup gerbang untuk jalur keluarnya ikan di prototype alat penangkap ikan.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, Prototype Alat Penangkap Ikan dan Website berjalan dengan baik. Fungsionalitas alat penangkap ikan ini sudah mencapai 89% dalam 10 kali pengujian. Pengujian Delay Alat Ke Website dalam menerima data didapatkan hasil 4.9sc untuk mengupload data ke website setelah sensor membaca dan dikirimkan data ke database. Keakuratan alat dengan Website juga sudah 89% dari 10 kali pengujian. Pengujian Transfer data download dan upload yaitu 24.3Kb/s untuk download dan 24.2Kb/s untuk upload.

Kata kunci : fisheries management, IoT (Internet of Things), microcontroller, realtime, Sensor Infrared, website, Firebase, NodeMCU, Database, Motor Stepper, Motor Servo

Subjek

Mechanical - engineering
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENANGKAP IKAN PADA TAMBAK MENGGUNAKAN MICROCONTROLLER DAN REALTIME DATABASE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA MONIQA RAMADHINI SONDA
Perorangan
HAFIDUDIN, DADAN NUR RAMADAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini