SIMULASI DAN ANALISA QoS MULTIPROTOCOL LABEL SWITCHING UNTUK LAYANAN METRONET PADA JARINGAN PT INDONESIA COMNETS PLUS (ICON+)

VITO PUTRA HERYANTO

Informasi Dasar

19.06.686
621.385 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada era digital sekarang ini kebutuhan masyarakat akan jaringan komunikasi tentunya bertambah seiring berkembangnya teknologi. Komunikasi yang di butuhkan tentunya yang cepat, efisien dan tentunya murah, layanan yang di tawarkan pun beragam dari layanan data, video, ataupun voice. Berdasarkan kondisi tersebut maka penyedia layanan internet akan berusaha untuk melayani pelanggan dengan layanan yang berbeda-beda dan kualitas yang baik dengan memaksimalkan resource pada jaringan yang ada.
Salah satu teknologi yang dapat memaksimalkan resource pada jaringan yaitu jaringan Metro Ethernet yang dimana merupakan jaringan yang di implemntasikan pada area Metropolitan yang dimana menyediakan layanan LAN yang terhubung walaupun berbeda lokasi dan menjadi satu jaringan LAN private besar dengan menggunakan backbone MPLS. Pada tugas akhir ini dilakukan pengukuran performansi jaringan jaringan eksisting dan simulasi jaringan Metro Ethernet di PT. Indonesia Comnets Plus. Simulasi di lakukan menggunkan NS3. Parameter yang QoS yang di Analisa adalah Throughput, Frame loss, Latency. Didapatkan hasil dari data real untuk pengiriman packet size 9014 dengan data rate 1 Gbps untuk Throughput adalah 995.793 Mbps, Packet Loss adalah 0%, dan Delay adalah 3.68396 ms. Secara simulasi diperoleh nilai Throughput 874.366 Mbps, Packet Loss adalah 0% dan Delay adalah 4.30675 ms. Walaupun hasil data real dengan hasil data simulasi didapatkan hasil yang berbeda namun masih sesuai dengan standar yang ada.

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISA QoS MULTIPROTOCOL LABEL SWITCHING UNTUK LAYANAN METRONET PADA JARINGAN PT INDONESIA COMNETS PLUS (ICON+)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VITO PUTRA HERYANTO
Perorangan
TENGKU AHMAD RIZA, GATOT
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini