REKONSTRUKSI MAKNA HIJAB YANG TERJADI PADA MASYARAKAT MUSLIM PERKOTAAN

NILNA FAZA MARDIYATIN

Informasi Dasar

19.04.4887
700.105
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Ciri yang mudah dilihat adalah dengan pemakaian hijab bagi muslim perempuan.

Pemakaian hijab pada makna sesungguhnya adalah hal yang spiritual seperti dutuliskan dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59:

Yang pada tafsirnya berarti untuk memberikan perlindungan dan penjagaan bagi perempuan agar terhindar dari berbagai kejahatan yang mungkin terjadi.

Namun beberapa tahun kebelakang ini telah terjadi pergeeseran nilai dan cara pandang terhadap kewajiban melaksanakan perintah agama sebatas pada nilai luarnya saja. Hampir tertutupnya kesadaran melaksanakan perintah agama dengan upaya mengikuti trend dan mode, membuat konstruksi makna hijab hanya sebatas penampilan maka yang terjadi adalah adanya hijab hanya sebatas atribut yang telah memudar nilai-nilai yang dikandungnya, hijab menjadi komoditas industri dan medium untuk menunjukkan kemewahan seseorang. Telah terjadi pergeseran nilai dan cara pandang terhadap kewajiban melaksanakan perintah agama menjadi sebatas nilai-niliai luarnya saja.

Subjek

ART AND SOCIETY
 

Katalog

REKONSTRUKSI MAKNA HIJAB YANG TERJADI PADA MASYARAKAT MUSLIM PERKOTAAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NILNA FAZA MARDIYATIN
Perorangan
IQBAL PRABAWA WIGUNA, AULIA IBRAHIM YERU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Seni Rupa
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini