PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang Selatan Tahun 2019)

ANDHIKA FADILLAH

Informasi Dasar

19.04.4951
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) memiliki peran penting bagi suatu daerah dalam menyediakan informasi sebagai output dari transaksi keuangan daerah. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan kinerja manajerial maupun organisasional agar tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan apa yang diinginkan. Laporan keuangan yang berkualitas ikut serta mempengaruhi pengambilan keputusan, sehingga laporan keuangan harus memenuhi karakteristik yang juga sebagai penilaian laporan keuangan berkualitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dan bersifat kausal. Sampel penelitian ini adalah bagian keuangan/akuntansi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang Selatan. Teknik penentuan sampel menggunakan metode teknik sensus sampling. Data yang digunakan peneliti dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan diawali dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh hasil pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Tangerang Selatan. Sedangkan, secara parsial kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Tangerang Selatan serta penerapan sistem akuntansi keuangan daerah memiliki pengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan untuk peneliti selanjutnya menggunakan dan menambahkan variabel independen maupun dependen dalam penelitian ini. Saran praktis yang diberikan untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah ini diharapkan untuk mempertahankan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki untuk membantu dalam pelaksanaan tugas serta penyusunan laporan keuangan daerah.

Kata Kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang Selatan Tahun 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHIKA FADILLAH
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini