Pengaruh Percakapan Bermediasi Komputer terhadap Pola Komunikasi Keluarga (Studi pada Mahasiswa Rantau di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom)

AMALIA BAREZKY KARTINI

Informasi Dasar

19.04.4980
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini banyak keluarga yang anggotanya terpisah dengan berbagai tujuan, seperti pekerjaan, pendidikan atau kehidupan sosial lainnya, salah satu contohnya adalah orang tua yang dituntut terpisah dengan anaknya untuk tujuan perkuliahan. Komunikasi antara anak dengan orang tua harus tetap berjalan meski berjarak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percakapan bermediasi komputer pada pola komunikasi keluarga dan faktor percakapan bermediasi komputer apa yang mempengaruhi pola komunikasi keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik nonprobability sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan yaitu sebesar 65.9% antara percakapan bermediasi komputer terhadap pola komunikasi keluarga, jadi semakin tinggi penggunaan percakapan bermediasi komputer maka akan meningkatkan komunikasi keluarga. Selain itu faktor percakapan bermediasi komputer yang mempengaruhi pola komunikasi keluarga adalah faktor ketenangan dan interaktivitas CMC, hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa rantau Ilmu Komunikasi Universitas Telkom angkatan 2018 merasa nyaman dan percaya diri ketika menggunakan percakapan bermediasi komputer (CMC) serta mereka lebih memilih menggunakan CMC untuk berkomunikasi.

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

Pengaruh Percakapan Bermediasi Komputer terhadap Pola Komunikasi Keluarga (Studi pada Mahasiswa Rantau di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMALIA BAREZKY KARTINI
Perorangan
MAULANA REZI RAMADHANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • KII2C2 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini