REPRESENTASI RASISME DALAM FILM GREEN BOOK (2018) (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Rasisme dalam Film “Green Book”)

TRI CAHYO WARDHANI

Informasi Dasar

19.04.4990
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rasisme adalah sebuah tindakan yang membedakan orang karena perbedaan suatu suku atau keturunan, kepercayaan. Rasisme lebih sering terlihat sebagai tindakan yang membedakan orang dari perbedaan suatu etnis dan warna kulit, di Amerika Serikat tindakan rasisme sering terjadi, seperti penggunaan kata yang menggambarkan orang kulit hitam seperti negro, coons, dan eggplant, bahkan sebuah tindakan yang merugikan bagi orang kulit hitam seperti kasus Rosa Parks seorang wanita berkulit hitam pada tahun 1955 yang dipenjara karena tidak memberikan kursinya saat di bus kepada orang kulit putih. “Green Book” merupakan sebuah film biografi pada tahun 2018 yang berlatar pada tahun 1960 dan mengisahkan tentang tur yang dilakukan Don Shirley pria berkulit hitam di Amerika Serikat bagian selatan yang dimana ia selalu mendapatkan tindakan diskriminasi selama perjalanan tur tersebut, rasisme terjadi karena orang kulit putih merasa lebih unggul dibanding orang kulit hitam. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes ini, terdapat makna denotasi, konotasi, dan mitos yang ditampilkan pada 8 scene yang mewakili dalam film ini. Ditampilkan dalam sebuah tindakan verbal maupun nonverbal, perbuatan, serta penampilan fisik terhadap orang kulit hitam di Amerika.

Subjek

FILM
 

Katalog

REPRESENTASI RASISME DALAM FILM GREEN BOOK (2018) (Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Rasisme dalam Film “Green Book”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRI CAHYO WARDHANI
Perorangan
LUCY PUJASARI SUPRATMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini