POLA KOMUNIKASI ANGGOTA KOMUNITAS FANS MANCHESTER UNITED DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS (Studi Etnografi Komunikasi Pada Anggota Komunitas United Indonesia of Bandung)

ANDY LAWRENCE

Informasi Dasar

19.04.5012
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hampir semua orang di dunia mengenali atau bahkan menggemari olahraga sepak bola, dan kegemaran akan olahraga sepak bola ini juga biasanya akan diwujudkan dalam adanya bentuk dukungan terhadap klub yang disukai atau pemain yang diidolakan, yang kemudian pendukungnya biasa disebut suporter atau fans. Di Indonesia sendiri, kegemaran akan sepak bola juga terlihat pada banyaknya komunitas fans atau organisasi suporter yang kemudian terbentuk sebagai wadah untuk mendukung berbagai klub di belahan dunia. Komunitas United Indonesia of Bandung merupakan satu dari sekian banyak komunitas fans sepakbola yang ada di Indonesia. United Indonesia of Bandung semenjak berdiri 12 tahun lalu telah memiliki kurang lebih 3000 member, berasal dari demografi yang beragam dan dperan komunikasi dalam komunitas tersebut menjadi vital untuk mengawali berbagai aktivitas yang akan dilakukan dalam komunitas, terlebih dalam menjalin hubungan antar sesama anggota komunitas. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi diantara anggota komunitas dalam mempertahankan solidaritasnya, bentuk jaringan yang terjadi diantara anggota dan sifat aliran informasi atas pesan dari komunikasi yang berlangsung diantara anggota komunitas. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan metode Etnografi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara dengan empat orang anggota United Indonesia of Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi yang digunakan antar anggota adalah multi arah dan sifat aliran informasi yang terjadi diantara anggota adalah kombinasi dari berurutan dan serentak, pola komunikasi yang terjadi secara berulang yang mampu membentuk sebuah tatanan masyarakat dengan budaya kerjasama dan perasaan saling membutuhkan satu sama lain. Kata Kunci: Fans, Komunitas, Pola Komunikasi, Sifat Aliran Informasi, United Indonesia of Bandung

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

POLA KOMUNIKASI ANGGOTA KOMUNITAS FANS MANCHESTER UNITED DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS (Studi Etnografi Komunikasi Pada Anggota Komunitas United Indonesia of Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDY LAWRENCE
Perorangan
DEDI KURNIA SYAH PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK832132 - SEMINAR PROPOSAL
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • COH2B3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII1H3 - TEORI KOMUNIKASI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini