Perancangan dan Implementasi GPS Tracking dan Kontrol Keamanan Kendaraan Berbasis Android

AZHAR KAUTSAR

Informasi Dasar

19.04.5033
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada umumnya sepeda motor dimiliki oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kendaraan tersebut agar tetap aman karena pada dasarnya memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi. Sementara alat keamanan yang banyak terdapat saat ini berupa remote yang hanya berfungsi sebagai pengunci dan masih terdapat banyak celah ketidakamanan, sehingga semakin maraknya kasus pencurian sepeda motor pada saat ini. Untuk menekan angka kriminalitas tersebut dibutuhkan suatu inovasi teknologi yang mana mempunyai fungsi keamanan yang lebih baik dari sebelumnya dan juga dapat dikendalikan melalui jarak jauh sehingga keamanan lebih terkontrol.

Pada tugas akhir ini dirancang suatu sistem yang terintegrasi langsung pada kendaraan. Sistem ini mempunya dua fungsi utama, yaitu sistem tracking dan system kemanaan. Pada sisi kemanaan dibuat dua sistem berlapis, sistem fingerprint dan sistem kontrol kelistrikan. Penelitian ini merupakan pengenmbangan dari penelitian yang sebelumnya, perubahan yang dilakukan adalah dengan mengganti hardware, teknologi jaringan, dan menambahkan sistem keamaanan.

Secara umum komponen yang digunakan adalah Global Positioning System (GPS) receiver, Mikrokontroler Arduino, Global System for Mobile Communications (GSM) Shield, dan Android sebagai unit kontrol. Sistem ini kemudian diterapkan kedalam motor untuk memberikan fungsi keamanan dan juga memberikan fungsi Tracking. Dengan menggunakan Global System for Mobile Communications (GSM) Shield, alat dapat berfungsi dengan rentang jarak yang relatif jauh. Sementara untuk fungsi tracking terdapat Geolocation yang tersemat pada kit Global System for Mobile Communications (GSM) Shield untuk mengetahui koordinat kendaraan, dan dapat di tracking secara real time.

Kata Kunci : GPS, GSM Shield, Relay, Tracking, Mikrokontroler Arduino.

Subjek

JARINGAN TELEKOMUNIKASI
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi GPS Tracking dan Kontrol Keamanan Kendaraan Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZHAR KAUTSAR
Perorangan
BASUKI RAHMAT, AHMAD TRI HANURANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK2023 - MIKROPROSESOR DAN ANTARMUKA
  • TTH4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini