PERANCANGAN INTERIOR HOTEL RESORT BINTANG EMPAT DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN DI BALANGAN BALI

MUHAMMAD FARIZ FAUZY

Informasi Dasar

19.04.5035
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan pariwisita mengalami peningkatan sepanjang tahun 2018. Menurut badan pusat statistik provinsi Bali, peningkatan mencapai angka 22,64 persen. Peningkatan ini dipengaruhi oleh datangnya turis asing yang berkunjung ke Bali. Hal ini didukung dengan potensi alam di bali yang masih dijaga hingga saat ini. Salah satu objek wisata diwilayah Bali yang terkenal adalah wisata pantai,terutama diwilayah ubud bali yang sudah sangat terkenal. Balangan Bali adalah satu dari sekian banyak tempat wisata yang berada di Bali dengan potensi alam yang masih bisa di nikmati adalah wisata pantai.
Hal ini menimbullkan banyak bangunan komersial pada wilayah itu, salah satunya adalah hotel resort. Beberapa hotel resort di Bali menerapkan konsep modern minimalist yang dirasa kurang cocok dengan Bali. Menurut peraturan daerah Bali nomor 5 tahun 2005, setiap bangunan dibali harus memiliki karakter dari bali itu sendiri. Hal ini justru seperti diabaikan oleh beberapa hotel resort. Pada perancangan ini menerapkan konsep sustainable design yang dirasa cocok untuk diterapkan pada hotel resort. Karena pada umumnya sebuah hotel resort banyak yang menerapkan konsep modern minimalist yang dirasa kurang cocok untuk sebuah hotel resort yang berada dekat dengan alam, jika dilihat dari lingkungan sekitarnya masih sangat mendukung untuk menerapkan konsep Sustainable Design, lalu untuk menonjolkan sisi Sustainable Design akan difokuskan pada material yang dapat diterapkan untuk elemen interior.
Penerapan konsep Sustainable Design kedalam sebuah ruang merupakan gerakan untuk lebih perduli dengan lingkungan. Sustainable Design juga lebih mengedepankan penggunaan material alami serta material yang dapat digunakan kembali, membawa sudut pandang baik dengan menerapkan Sustainable Design kedalam sebuah interior serta meningkatkan daya tarik pengunjung dengan memperkenalkan Sustainable Design kepada masyarakat umum sehingga lebih diapresiasi. Dengan adanya unsur tersebut diharapkan akan adanya pembaharuan desain. Penerapan konsep sustainable design ini akan digabungkan atau dikombinasikan dengan ciri khas dari Bali itu sendiri sehingga dapat memenuhi standar bangunan dari pemerintah daerah Bali. Kata Kunci : Bali, Ciri khas, Peraturan Daerah Bali, Sustainable Design, Hotel Resort

Subjek

INTERIOR DESIGN-HOTEL
 

Katalog

PERANCANGAN INTERIOR HOTEL RESORT BINTANG EMPAT DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN DI BALANGAN BALI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARIZ FAUZY
Perorangan
HENDI ANWAR, SANTI SALAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini